1. Apa arti bg dalam fotografi ?
  2. Pengertian battery grip itu apa sih ?
  3. Apa yang dimaksud dengan battery grip ?
  4. Apa itu battery grip ? Apa afungsi battery grip?
  5. Apa fungsi baterai grip pada kamera dslr / kegunaan battery grip pada kamera dslr?

Arti BG Dalam Fotografi 


Memotret Lebih Mudah dengan Battery Grip

kelebihan menggunakan battery grip & kekurangan baterai grip – Bagi sebagian orang, hobi fotografi dianggap sebagai hobi yang mahal. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena dengan kamera ponsel pun, kita masih bisa memotret menyalurkan hobi kita. Namun, anggapan tersebut juga tidak sepenuhnya salah, karena semakin mahir kita memotret, semakin tertantang kita untuk menggunakan kamera yang lebih canggih, atau paling tidak kebutuhan kita terhadap aksesoris yang mendukung proses pembuatan foto makin banyak. Seperti yang biasa kita kenal aksesoris tambahan kamera bisa berupa lensa tambahan, filter lensa atau yang paling sering dibeli tripod.

Ada pula aksesoris yang cukup penting karena memiliki banyak kegunaan, yakni battery grip yang biasa  disingkat BG. Aksesoris kamera ini berbentuk genggaman dengan kegunaan menyimpan beberapa baterai sekaligus sehingga dapat digunakan pada kamera. Bentuknya berupa genggaman  ini dipasang di bagian bawah kamera. Apabila memotret dengan posisi vertikal, genggaman battery grip ini menghadap ke samping sehingga selain menyimpan baterai tambahan juga dapat digunakan untuk memegang kamera dengan baik serta stabil.

Apa kegunaan battery grip pada kamera dslr / fungsi battery grip pada kamera dslr ?

Sebenarnya fotografer pemula biasanya jarang bisa memotret dengan baik dalam posisi vertikal. Hal ini karena postur tubuh saat menekan tombol shutter terkena reaksi tubuh kita. Kondisi kurang stabil  ini makin terasa apabila kita menggunakan lensa tele untuk memotret dalam keadaan vertikal.

Tak hanya itu saja, beberapa battery grip juga dilengkapi dengan tombol shutter. Tentu ini lebih memudahkan kita untuk memotret. Selain itu, juga dilengkapi beberapa tombol-tombol lain sesuai dengan jenis battery gripnya. Berbagai tombol di battery grip didesain apabila kita memotret vertikal, posisi tombolnya hampir sama peletakannya dengan kalau kita memotret dengan posisi horizontal.

Dalam posisi horizontal pun, battery grip memiliki fungsi untuk membantu memperpanjang pegangan pada bodi kamera sehingga kamera dapat dipegang erat dengan lima jari kita. Tentu ini juga membuat kita lebih stabil memegang kamera dan membantu mengurangi keletihan saat kita berjalan sembari memegang kamera di tangan.

Battery grip juga digunakan sang fotografer untuk membantunya memotret foto dengan low angle ekstrim, karena bantuan tombol shutter yang ada pada battery grip. Apabila tanpa battery grip dan kita menekan tombol shutter pada bodi kamera, tentu sangat sulit mendapat hasil terbaik. Namun jika kita memakai battery grip, kita akan terbantu dengan posisi tombol-tombolnya.

Nah, fungsi utama battery grip ini tentu selain dapat menyimpan lebih banyak baterai dalam kamera, apabila kita sedang memotret menggunakan tripod, kita tidak perlu repot membongkar bodi kamera dengan tripod untuk mengganti baterai. Dengan pegangan baterai yang terpasang, kita bisa membuka tutup baterai tanpa melepas kamera dengan tripodnya.


Nah itulah penjelasan singkat tentang arti BG dalam fotografi. Semoga bermanfaat!