1. Apa arti burst dalam fotografi?
  2. Pengertian burst dalam fotografi itu apa sih ?
  3. Apa yang dimaksud dengan burst mode ?
  4. Apa itu burst mode pada kamera ?
  5. Bagaimana teknik burst fotografi / teknik fotografi zoom burst?

Arti Burst Dalam Fotografi


Tangkap Gambar Gerak dengan Burst

Fotografi memang salah karya seni, tak ada pakem atau aturan khusus untuk memanfaatkan fitur-fitur kamera yang disediakan produsen kamera. Fotografer pun bebas menjepret apapun hal yang menurutnya artistik, bernilai seni dan estetik. Salah satunya mungkin kita pernah kagum dengan foto cipratan air yang dijepret dengan gambar yang sangat detil dan tajam. Kita mungkin juga pernah terheran-heran bagaimana mendapatkan foto saat persis pemain bola voli melakukan smash persis ketika memukul bola dan tubuhnya melayang.

Foto-foto tersebut pasti tidak diambil hanya sekali, karena kita tidak tahu persis timing momen yang pas. Meski demikian, gambar yang diambil tajam dan detil meskipun objeknya bergerak dengan sangat cepat. Fitur pada kamera yang digunakan disebut burst mode, pada beberapa jenis merek kamera dinamakan continuous shoot mode, yakni kemampuan kamera menangkap gambar dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. Jadi kita bisa memilih momen yang benar-benar pas diantara kejadian yang cepat. Fitur ini juga terdapat di beberapa aplikasi kamera smartphone dan iphone dengan nama mode burst.

Mode burst adalah sebuah metode pengambilan gambar secara cepat yang biasanya sepersekian detik. Mode burst berfungsi untuk digunakan saat memotret objek foto bergerak. Selain even olahraga, cocok juga untuk memotret ekspresi anak balita karena momen ekspresinya yang sulit dan anak-anak pun cenderung bergerak terus. Kalau sudah dijepret dengan burst mode, tinggal kita nanti pilih ekspresi mana yang terbaik.

Meski demikian, burst mode juga memiliki kekurangan. Untuk menunjang kecepatan kamera yang menangkap gambar sebegitu cepat, kartu memori kamera kita juga harus mampu menulis data dengan cepat. Kalau tidak, akan terjadi loading atau kalau biasanya kita lihat di layar muncul jam pasir, sehingga kita harus menunggu kartu memori dapat menulis dengan sempurna. Nah waktu tunggu menulis data ini yang malah bisa membuat kita kehilangan momen berharga.

Selanjutnya, penggunaan burst mode akan membuat konsumsi baterai makin boros, lebih baik gunakan battery grip, seiring pula dengan penggunaan kartu memori yang memerlukan kapasitas banyak hanya untuk satu kejadian. Kemudian jangan lupa untuk set fokus ke autofocus karena tentu akan sulit untuk mendapatkan objek yang bergerak. Meski sudah di set autofocus, dalam burst mode pun kadang-kadang kita mendapati hasil foto yang kurang fokus. Gunakanlah alat bantu tripod agar hasil foto blur bisa diminimalisir.


Itulah penjelasan singkat tentang arti burst dalam fotografi. Semoga bermanfaat ya!