1. Arti spot dalam fotografi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan spot fotografi ?
  3. Apa arti kata spot foto ? Apa itu spot ?
  4. Apa pengertian spot dalam fotografi ?
  5. Bagaimana mencari spot fotografi yang baik ?

Arti Spot dalam Fotografi


Pilih Spot Menarik untuk Foto Istimewa

Fotografi memang salah satu hobi yang menghasilkan karya seni berupa gambar yang diabadikan dalam foto. Sebagai salah satu bagian dari karya seni, dalam pembuatannya diperlukan proses kreativitas dan daya seni sang fotografer. Proses kreatif ini dimulai dari ketepatan dan kecerdasan fotografer untuk mencari referensi kamera dan tools aksesoris yang mendukung terciptanya foto yang bernilai seni tinggi.

Tidak hanya kemampuan menggunakan tools kamera dengan baik, fotografer pun harus memahami dengan baik objek dan komposisi yang tepat sehingga foto yang dihasilkan sempurna. Kemampuan menentukan objek yang tepat dan komposisi yang baik juga akan menunjang bagaimana pesan yang akan disampaikan oleh fotografer lewat karya fotonya bisa dipahami dengan baik oleh penikmat fotografi.

Sudah tentu, yang utama yang wajib dipilih yakni objek. Namun komposisi pun tidak boleh terlewatkan sebagai komponen kuat dalam frame foto. Penentuan komposisi foto ini sangat bergantung pada lokasi dimana foto dihasilkan, atau yang biasa dikenal dengan sebutan spot foto. Pendek kata, arti spot foto adalah tempat atau lokasi dimana terjadinya suatu pemotretan.

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa spot foto adalah unsur penting dalam proses kreatif memproduksi karya foto. Dari spot yang kita pilih, kita bisa menentukan komposisi apa yang akan dituangkan dalam foto kita nanti. Spot juga membantu objek untuk “bercerita” kepada pemerhati karya foto kita nanti tentang kondisi atau peristiwa serta pesan yang ada pada foto.

Pada fotografi jurnalistik, spot adalah unsur yang sangat penting, bisa setara penting dengan objeknya, terkadang antara objek dengan spot foto yang dipotret merupakan hal satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Sebagai contoh seperti memotret kejadian suatu daerah terkena musibah banjir. Maka sang fotografer jurnalistik dapat memilih objek foto berupa orang-orang yang sedang menerobos genangan banjir yang berusaha menyelamatkan barangnya di atas kepalanya. Nah sudah tentu, spot foto yang dipilih adalah daerah yang banjir. Mau tidak mau untuk membuat foto yang mudah “bercerita” fotografer akan mengambil gambar di daerah banjir juga.

Pada foto model atau fashion, spot foto bisa dilakukan di dalam ruangan maupun luar ruangan (outdoor atau indoor). Ini tergantung dengan pesan yang akan disampaikan oleh produk atau model tersebut. Pada  fotografi lain juga banyak yang harus menyesuaikan atau memilih spot foto yang tepat. Oleh karena itu, jarang sekali fotografer yang hanya diam di dalam rumah. Mereka juga harus mencari spot foto di luar rumah yang bagus layaknya fotografi makro. Kalaupun fotografer bekerja di rumah artinya dia memiliki spot foto atau studio foto sendiri.


Itulah penjelasan singkat mengenai arti spot dalam fotografi. Semoga kalian bisa mencari spot-spot fotografi yang unik di Indonesia ya !