1. Pengertian akuntan intern dan ekstern itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan akuntan intern dan ekstern ?
  3. Apa itu akuntan intern dan ekstern ?
  4. Apa perbedaan akuntan intern dan akuntan eksternal ?
  5. Apa pengertian akuntan intern perusahaan ?

Pengertian Akuntan Internal dan Eksternal


Arti akuntan intern dan ekstern adalah :

Pengertian akuntan intern dan ekstern – Di dalam profesi sebagai akuntan, akuntan terbagi menjadi 4 jenis, yaitu: Akuntan intern, akuntan ekstern, akuntan pendidik, dan juga akuntan pemerintah. Dalam uraian berikut ini akan dibahas lebih mendalam, yaitu: Akuntan Intern dan Akuntan Ekstern. Apa pengertian akuntan intern dan tugasnya?

Pengertian akuntan intern adalah profesi seorang akuntan yang bekerja pada organisasi maupun perusahaan. Akuntan internal dikenal juga dengan sebutan akuntan perusahaan atau akuntan manajemen. Akuntan intern ini bisa bekerja mulai dari posisi staf biasa menuju ke Kepala Bagian Keuangan atau disebut sebagai Direktur Keuangan.

Tanggung jawab dan tugas akuntan intern adalah menyusun sistem keuangan, penyusunan laporan keuangan kepada pemimpin perusahaan dan pihak-pihak eksternal perusahaan, penyusunan anggaran perusahaan, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern perusahaan.

Sebuah organisasi dan perusahaan membutuhkan akuntan intern, dengan tujuan: supaya memiliki seorang pemimpin (akuntan) yang bertanggungjawab atas organisasi maupun perusahaan, seperti dalam membuat perencanaan, menentukan kebijakan pada masa mendatang, pengawasan terhadap pengoperasian organisasi maupun perusahaan dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan organisasi maupun perusahaan yang bisa dicapai.

Pengertian akuntan ekstern adalah profesi akuntan yang memberikan jasa kepada organisasi dan perusahaan lain dalam hal pemeriksaan (audit) terhadap laporan keuangan organisasi maupun perusahaan lain, disebut juga dengan akuntan publik. Akuntan ekstern akan memberi pendapat terhadap laporan keuangan organisasi maupun perusahaan yang bersangkutan.

Jenis pemeriksaan (auditing) secara garis besar terbagi atas 2 bagian yaitu :

  • General Audit (Pemeriksaan Umum).

Pengertian general audit adalah jenis audit yang dilakukan oleh akuntan publik yang bersifat umum terhadap organisasi maupun perusahaan secara menyeluruh serta memberikan pendapat terhadap hasil pemeriksaannya.

  • Special Audit (Pemeriksaan Khusus).

Pengertian special audit adalah jenis audit yang dilakukan oleh akuntan publik yang bersifat khusus terhadap organisasi maupun perusahaan secara menyeluruh, tetapi tidak memberikan pendapat terhadap hasil pemeriksaannya.

Adapun jenis-jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan public (auditor) yaitu:

  • Operational Audit (Manajemen Audit)

Pengertian operational audit adalah pemeriksaan terhadap pengoperasian sebuah organisasi maupun perusahaan.

  • Complience Audit (Pemeriksaan Kepatuhan)

Pengertian complience audit adalah pemeriksaan yang berkaitan dengan SOP (Standar Operating Procedure).

  • Internal Audit (Pemeriksaan Intern)

Pengertian internal audit adalah jenis pemeriksaan untuk mengevaluasikan efektifitas sebuah organisasi maupun perusahaan.

  • Computer Audit.

Pengertian computer audit adalah pemeriksaan data sebuah organisasi maupun perusahaan melalui Sistem EDP (Electronic Data Processing).


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian akuntan intern dan ekstern. Semoga kalian bisa memahami perbedaan akuntan intern dan ekstern secara umum ya ! Baca juga pengertian akuntan pendidik 🙂