1. Pengertian akuntan pendidik dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan akuntan pendidik ?
  3. Apa itu akuntan pendidik ?
  4. Apa tugas dan tanggung jawab akuntan pendidik ?
  5. Apa contoh akuntan pendidik ?

Pengertian Akuntan Pendidik Menurut Para Ahli


Arti akuntan pendidik adalah :

Pengertian akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas di dalam dunia pendidikan akuntansi seperti mengajar, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi & melakukan penelitian pada bidang akuntansi (Soemarso : 2004).

Definisi akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi, mengajar, melakukan penelitian dan pengembangan akuntansi, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi di suatu perguruan tinggi. (Ikatan Akuntan Indonesia)

Pengertian akuntan pendidik adalah profesi akuntan yang memberikan jasa berupa pelayanan pendidikan akuntansi kepada masyarakat melalui berbagai lembaga pendidikan yang ada, yang bertujuan untuk melahirkan akuntan-akuntan yang terampil & profesional. (Restuningdiah : 2009)


Pengertian akuntan pendidik dan contohnya – Secara umum, pengertian akuntan pendidik adalah salah satu profesi akuntan yang bergerak di bidang pendidikan, yaitu: menyusun kurikulum pendidikan akuntansi, mengajar di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi serta melakukan penelitian terhadap pengembangan ilmu akuntansi.

Apa peran akuntan pendidik & tugas akuntan pendidik ?

Akuntan pendidik mempunyai tanggungjawab dalam mengajar akuntansi kepada murid di Sekolah Menengah Kejuruan maupun mengajar mahasiswa di Perguruan Tinggi. Melalui didikan dan bimbingan akuntan pendidik, maka ilmu akuntansi bisa diturunkan secara terus menerus untuk generasi yang akan datang. Sebab ilmu akuntansi sangatlah penting dalam pengelolaan keuangan usaha maupun perusahaan.

Contoh profesi akuntan pendidik adalah guru dan dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya baik swasta ataupun negeri.

Dalam pengajaran ilmu akuntansi, materi awal yang diterapkan dari ilmu akuntansi adalah dasar-dasar akuntansi. Pada dasarnya, akuntansi adalah sebuah seni pencatatan. Dikatakan seni pencatatan sebab akuntansi mempunyai konsep pencatatan yang unik dari jurnal hingga pembuatan laporan keuangan.

Adapun dasar-dasar akuntansi yang perlu diketahu adalah sebagai berikut :

  • Konsep Debet dan Kredit.

Konsep debet dan kredit merupakan sebuah konsep dasar dalam pembuatan jurnal. Yaitu: debet pada jurnal terletak di sebelah kiri baris pertama dan kredit pada jurnal terletak di sebelah kanan baris kedua.

  • Posting jurnal ke buku besar.

Posting jurnal ke buku besar adalah kegiatan memindahkan jenis transaksi yang ada pada jurnal ke buku besar, dicatat masing- masing jenis transaksi tersebut ke dalam masing-masing buku besar.

  • Pembuatan Neraca Percobaan.

Neraca percobaan adalah neraca yang terdiri dari debet dan kredit sesuai ketentuannya. Dimana setiap Total saldo masing-masing buku besar, dicatat ke dalam Neraca Percobaan. Sehingga baik saldo debet maupun saldo kredit adalah sama jumlahnya pada neraca tersebut (Balance).

  • Pembuatan Laporan Keuangan.

Laporan keuangan pada intinya merupakan laporan yang berfungsi untuk menyampaikan suatu penganalisaan mengenai aset perusahaan dan utang perusahaan, serta apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada akhir periode yang ditentukan.

Laporan keuangan terdiri dari 4 kelompok yaitu :

  1. Neraca (Balance Sheet).

Neraca adalah laporan mengenai aset perusahaan, seperti: aktiva tetap, aktiva lancar, dan utang perusahaan.

  1. Laporan Laba/Rugi (Profit and Lost Report).

Laporan Laba/Rugi adalah laporan perhitungan antara harga pokok penjualan, pendapatan dan pengeluaran biaya. Apakah perusahaan mengalami untung atau rugi pada akhir periode yang telah ditentukan.

  1. Laporan Perubahan Modal (Owners Equity).

Laporan Perubahan Modal adalah laporan mengenai adanya penambahan atau pengurangan jumlah investasi modal pada perusahaan dan juga terterah akumulasi laba atau rugi perusahaan.

  1. Laporan Arus Kas (Cash Flow).

Laporan Arus Kas merupakan laporan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas pada pengoperasian maupun investasi perusahaan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian akuntan pendidik dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian akuntan pendidik dan tugasnya secara umum ya ! Baca juga pengertian kantor akuntan publik 🙂