1. Pengertian anomie dalam sosiologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan anomie ?
  3. Apa arti kata anomie ? Apa itu anomie ?
  4. Apa contoh kasus anomie / contoh perilaku anomie ?
  5. Apa pengertian anomie dalam perubahan sosial ?

Pengertian Anomie Menurut Para Ahli


Arti anomie adalah :

Pengertian anomie adalah suatu bentuk pengabaian norma, sehingga norma-norma atau nilai-nilai yang berlaku dalam suatu kelompok sosial masyarakat akan mengalami penurunan. Keadaan anomie semacam ini seringkali dijumpai pada masyarakat perkotaan. Apabila anomie ini dibiarkan secara terus menerus tanpa ada pengendalian maka pada akhirnya akan menggiring masyarakat tersebut kepada arah perilaku-perilaku yang primitif. (Chaplin : 2010) 

Definisi anomie adalah kondisi pudarnya suatu pegangan terhadap norma-norma sehingga mengakibatkan munculnya keadaan yang labil tanpa kaidah. (pengertian anomie menurut Emile Durkheim dalam Atamimi : 1998)

Pengertian anomie adalah suatu kondisi masyarakat dimana terdapat kesenjangan antara cita-cita atau tujuan (goals) dan sarana (means), yang mana bentuk kesenjangan tersebut di ekspresikan lewat penyimpangan tingkah laku (deviance). Hal ini terjadi karena aspirasi budaya yang sudah terbentuk sebelumnya terpisah dari sarana yang tersedia di dalam masyarakat. (pengertian anomie menurut Robert K Merton)


Dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat berbagai macam budaya seperti cultural lag (ketertinggalan budaya) dan anomie. Pengertian anomie sosiologi sendiri memiliki arti tidak berpegangan pada apa yang baik dan yang buruk dalam masyarakat.

Singkatnya, pengertian anomie adalah hilangnya nilai-nilai yang ada pada kehidupan masyarakat sehingga masyarakat tidak memiliki pedoman pada baik buruknya suatu perilaku. Hal ini akan menyebabkan lingkungan yang kacau, amburadur alias berantakan karena masyarakat hidupnya tidak terikat dan diatur menurut hukum dan peraturan yang ada di masyarakat.

Situasi yang seperti ini tentu akan membuat masyarakat bingung sebab ia tidak mengetahui apakah tindakan yang dilakukannya benar atau tidak, pantas atau tidak pantas. Tidak adanya takaran dalam berperilaku akan membuat timbulnya sikap anarkis dalam masyarakat seperti pencurian, pengeboman, pembunuhan, dan masih banyak lagi. Perilaku anarkis yang dilakukan oleh sebagian orang akan membuat rakyat lainnya merasa resah, takut, dan menimbulkan kerugian terutama dalam hal finansial.

Padahal dalam kehidupan bermasyarakat kita mengharapkan kehidupan yang makmur, tenteram, dan damai bukan malah kehidupan yang saling memangsa antara satu sama lain dan kacau balau bak kehidupan habis perang. Contoh kasus anomie yang pernah terjadi di Indonesia adalah tindakan pemboman tempat-tempat ibadah. Selain rusaknya tempat ibadah, kasus pemboman ini juga memakan korban jiwa yang tidak sedikit, dan kerugian lainnya seperti biaya pembangunan atau pendirian tempat ibadah baru beserta perlengkapan ibadah yang ada di dalamnya.

Contoh anomie dalam sosiologi lainnya adalah prostitusi, penyalahgunaan narkoba, tawuran, aborsi, pemakaian baju yang super duper ketat bagi kaum wanita, dan pendek pula. Lengkap sudah! Tindakan anomie sendiri bisa terjadi dari nilai budaya yang mungkin muncul di televisi.

Masyarakat akan menjadi sangat mudah dipengaruhi pada saat anomie terjadi. Ia akan mudah terkena doktrin-doktrin nggak jelas untuk membahayakan daerah di sekitarnya. Tanpa mempertimbangkan dampak dari perbuatannya, ia langsung mau saja menuruti doktrin tersebut. Ini terjadi karena memang ia tidak tahu membedakan mana yang baik dan buruk. Kasus ini bisa diatasi dengan pemberian penyuluhan kepada masyarakat terkait peraturan  yang berlaku di masyarakat, dan tentang apa saja yang “boleh” dan “tidak boleh” dilakukan.

Sebagai penutup, ada tiga perspektif teori anomie dalam sosiologi yaitu:

  • Manusia adalah makhluk sosial
  • Teori koloni dimana manusia hidup dan bergantung pada masyarakat sekitarnya
  • Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian anomie dalam sosiologi. Semoga kalian bisa memahami pengertian anomie beserta contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian peta kadaster 🙂