1. Pengertian apartheid dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan politik apartheid ?
  3. Apa arti kata apartheid ? Apa itu apartheid ?
  4. Apa pengertian apartheid dan tokohnya ?
  5. Apa pengaruh apartheid di afrika selatan bagi kehidupan sosial dan politik global ?

Pengertian Apartheid


Arti apartheid adalah :

Pengertian apartheid berdasarkan asal katanya yakni “apart” (yang artinya memisah) dan “heid” (yang artinya hukum atau sistem).

Pengertian apartheid adalah salah satu jenis politik yang menggunakan sistem pemisahan dan pembedaan ras, agama, kepercayaan, dan adanya pemisahan kelas sosial dimana kelompok mayoritas akan mendominasi kelompok minoritas. Politik ini diterapkan oleh pemerintah untuk melindungi hak istimewa suatu ras dan bangsa. Sistem politik ini mulai diberlakukan pada abad ke-20 hingga tahun 1990 dan dilakukan oleh pemerintah kulit putih pada ras dan suku bangsa di Afrika Selatan.

Di Afrika Selatan sendiri, ras dibedakan menjadi empat golongan yaitu kulit putih yang notabene keturunan Eropa, suku bangsa bantu (salah satu suku bangsa di Afrika Selatan), orang Asia (Pakistan dan India), dan orang campuran atau kulit berwarna yang merupakan keturunan Melayu Cape.

Politik apartheid ini menganggap bahwa kulit hitam itu adalah orang hina yang patut untuk diasingkan dan disingkirkan, berbeda dengan halnya kulit putih yang patut untuk dihormati dan berhak menjadi pemimpin. Politik ini adalah salah satu bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan dianggap sebagai diskriminasi rasial yang dilakukan oleh Bangsa Barat. Politik ini mendapat kecaman dari dunia internasional termasuk dari PBB sendiri dan menganggap ini salah satu politik terkutuk yang pernah ada.

Bermula dari sistem politik, lambat laun apartheid menjadi sebuah tindakan kejahatan. Apa yang dimaksud dengan kejahatan apartheid ? Pengertian kejahatan apartheid adalah tindakan atau perbuatan yang melanggar HAM dengan berdalih bahwa konsep apartheid adalah baik untuk kepentingan negeri sendiri. Contoh kejahatan apartheid di Afrika dan di dunia adalah sebagai berikut :

  • Pembunuhan ratusan rakyat Afrika di perkampungan kulit hitam Soweto pada tahun 1979.
  • Pembantaian rakyat Palestina oleh Amerika
  • Pemusnahan muslim Rohingya oleh umat Budha yang ada di Thailand
  • Pembantaian bangsa Kurdi oleh rezim Saddam Hussein di Irak sekitar tahun 1980-an dsb

Apa pengaruh apartheid di Afrika Selatan bagi kehidupan sosial dan politik global? Pengaruh yaitu politik apartheid banyak dianut berbagai bangsa di dunia dan orang kulit hitam banyak yang dihina dan dijadikan sebagai budak. Sistem politik apartheid juga memicu penghapusan diskrimasi ras berdasarkan warna kulit.

Berbagai gerakan pemberontakan dilakukan untuk menentang aksi apartheid ini. Tokoh apartheid di Afrika Selatan adalah Nelson Mandela. Salah satu gerakan yang terkenal adalah African National Congress (ANC) yang berada dibawah pimpinan Nelson Mandela. Nelson Mandela sendiri pernah dipenjara pada tahun 1962 dan baru dibebaskan pada tahun 1990 karena dipercaya telah memimpin aksi rakyat Afrika Selatan untuk senantiasa tinggal di dalam rumah saja, tidak pergi keluar rumah. Namun bebasnya Nelson Mandela pada tahun 1990 membawa dampak positif dimana rakyat dengan sepenuh tenaga memperjuangkan penghapusan politik apartheid ini.

Perjuangan yang dilakukan rakyat Afrika dan Nelson Mandela memakan waktu yang cukup lama, namun waktu yang lama itu akhirnya terbalaskan juga ketika pemerintah kulit putih dibawah pimpinan Frederik Willem de Klerk memberikan angin segar pertanda kebebasan bagi warga kulit hitam. Pada tanggal 21 Februari 1991, Frederik Willem de Klerk mengumumkan penghapusan ketentuan dan eksistensi dari politik apartheid. Pengumuman itu juga diikuti dengan penghapusan UU kekuasaan apartheid yang berisi:

  • Land Act, UU yang melarang rakyat kulit hitam untuk mempunyai rumah di luar daerah yang telah ditentukan.
  • Group Areas Act, UU yang mengatur adanya pemisahan tempat tinggal antara kulit hitam dan kulit putih.
  • Population Registration Act, UU yang berisi kewajiban bagi rakyat kulit hitam untuk mendaftarkan diri berdasarkan kelompok sukunya masing-masing.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian apartheid dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian apartheid di afrika selatan secara umum ya ! Baca juga pengertian politik pintu terbuka 🙂