1. Pengertian appraisal bank itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan appraisal bank ?
  3. Apa arti kata appraisal bank ?
  4. Apa itu appraisal bank ?

Pengertian Appraisal Bank Menurut Para Ahli


Arti appraisal bank adalah :

Pengertian appraisal adalah perusahaan penilai atau suatu lembaga yang fungsinya menilai kewajaran atas suatu harta kekayaan. (Biro Pusat Statistik:1995)

Definisi appraisal bank adalah pihak-pihak (bank) yang tugasnya menilai kekayaan atau harta. (Supriyati , S.E., M.Si., Ak., C.A., CTA:2016)

Pengertian appraisal bank adalah pekerjaan untuk memberikan kisaran estimasi sekaligus pendapat atas nilai ekonomis suatu objek penilaian pada suatu waktu tertentu dengan standar penilaian tertentu. (Ida Bagus Ascharya:2016) 


Dalam arti kata appraisal, Appraisal itu artinya penaksiran, pemberian angka (rating) serta penilaian (assessment), dimana hasil kebijakan dari penganalisaan arti satuan nilai terhadap sesuatu yang nyata. Secara lebih spesifik, pengevaluasian berkenaan dengan informasi yang nyata (real) terhadap sesuatu benda mengenai nilai atau manfaat hasil kebijakan.

Bagaimana dengan appraisal bank? Pengertian appraisal bank adalah suatu penilaian yang dilakukan oleh pihak bank untuk mengecek data yang sebenarnya antara dokumen pengajuan kredit dengan kenyataan yang terjadi di lapangan, sekaligus melakukan penaksiran terhadap bangunan dengan tujuan untuk menilai harga rumah tersebut. Dari pihak bank biasanya menilai rumah sesuai dengan harga pasaran di daerah tersebut.

Bagaimana cara yang efektif untuk memperoleh penilaian yang tinggi berkenaan dengan hasil Appraisal Bank? Berikut ini, akan diuraikan beberapa tips untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi, ketika dari pihak melakukan Appraisal Bank tersebut:

  1. Jika rumah yang akan diajukan sebagai jaminan kredit sudah tua, maka disarankan bagi pengajuan (nasabah) melakukan renovasi kecil terhadap rumahnya, seperti: melakukan pengecatan pada rumah tersebut. Supaya rumah terlihat lebih baik, bersih dan rapi ketika dari pihak bank melakukan Appraisal Bank, rumah tersebut sudah dalam kondisi prima.
  2. Bagi pihak pengajuan (nasabah) tidak perlu khawatir mengenai luas Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang tidak sesuai. Sebab, dari pihak bank akan mengecek serta menilai fakta yang ada di lapangan. Jika terjadi perbedaan luas IMB antara data lama yang diajukan dengan fakta yang ada di lapangan. Dan Jika pengajuan kredit bagi pihak pengajuan (nasabah) disetujui oleh pihak bank, maka pihak bank akan mengeluarkan sebuah persyaratan, yaitu: IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang lama tersebut harus diubah sesuai dengan fakta yang nyata.

Kriteria-kriteria apa yang menjadi persyaratan, yang bisa disetujui oleh pihak bank, ketika pihak bank melakukan Appraisal Bank? Kriteria rumah yang kita ajukan sebagai jaminan kredit untuk Appraisal Bank adalah rumah tersebut sudah harus layak dihuni, lebar jalan depan rumah minimal harus 4 meter, rumah tersebut tidak tergenang oleh air ketika hujan atau banjir, letak rumah tersebut jauh dari kuburan dan juga jauh dari SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi).

Mengenai biaya Appraisal Bank, ini tergantung dari masing- masing manajemen dan kebijakan dari pihak bank yang bersangkutan. Namun, sesuai survey yang dilakukan. Biasanya biaya Appraisal Bank dikenakan  sebesar antara tiga ratus ribu rupiah hingga satu juta rupiah.


Itulah artikel pengertian appraisal. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian appraisal bank secara umum ya ! Baca juga pengertian hipotik 🙂