1. Pengertian batik tulis dan batik cap itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan batik tulis dan batik cap ?
  3. Apa perbedaan teknik batik tulis dan batik cap ?
  4. Apa itu batik tulis dan batik cap ?

Pengertian Batik Tulis dan Batik Cap Menurut Para Ahli


Arti batik tulis dan batik cap adalah :

Pengertian batik tulis adalah batik yang motifnya dibentuk dengan tangan, yakni digambar / ditulis dengan pensil dan canting. (Drs. Margono, M.Sn dkk : 2007)

Definisi batik tulis adalah ragam hias batik yang dibuat dengan cara menapakkan alat gambar di atas kain. Alat gambarnya bisa berupa bilah, canting, kalam, kuas, tonyok, dan sebagainya. (Hasanudin : 2001)

Pengertian batik tulis adalah batik yang dikerjakan dengan menggunakan canting. Canting adalah alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk bisa menampung malam (lilin batik) yang  memiliki ujung berupa pipa saluran kecil untuk keluarnya malam. (Suerna Dwi Lestari : 2012)

Definisi batik cap adalah batik yang dibuat dengan menggunakan sebuah plat dengan motif tertentu yang ditempelkan pada kain. (Heddy Shri Ahimsa Putra : 2003)

Pengertian batik cap adalah batik yang dibuat dengan menggunakan stempel atau cap. Cap ini terbuat dari tembaga yang telah digambar pola serta dibubuhi malam (yakni cairan lilin panas). (Drs. Sri Murtono, M.Pd, dkk : 2007) 


Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

Apa pengertian batik tulis dan cara pembuatannya?

Pengertian batik tulis adalah jenis batik yang dihasilkan melalui pemberian malam pada kain batik dengan menggunakan canting. Canting biasanya terbuat dari bahan tembaga yang digunakan untuk menampung malam (sebutan untuk lilin batik) dan mempunyai salah satu lubang berukuran kecil pada salah satu sisinya yang berfungsi sebagai tempat keluarnya malam. Ukuran canting beranekaragam, tergantung pada besar atau kecilnya motif yang akan dibuat pada kain batik. Jika pola yang digunakan kecil, maka ukuran ujung canting juga akan kecil dan sebaliknya.

Pola pada batik tulis biasanya tidak pernah sama bentuk dan ukurannya, mengapa? Karena batik ini dibuat dengan tangan dan hanya menggunakan cantingsebagai alat untuk mengukir, jadi tidak mungkin sama ya. Hal ini serupa jika kita ingin menggambar sesuatu di kanvas dengan gambar yang sama secara berulang-ulang maka hasilnya pasti akan berbeda untuk bentuk dan ukurannya.

Batik tulis adalah batik yang paling sederhana dan pembuatannya sangatlah tradisional. Tahapan dalam batik tulis antara lain tahap persiapan, pemolaan, pembatikan, pewarnaan, pelodoran, dan penyempurnaan. Pada batik tulis, kita akan sering sekali melihat pengulangan pola. Pola yang biasanya digunakan adalah pola bunga, garis, atau sejumlah titik. Batik tulis biasanya dikerjakan secara massal oleh penduduk.

Sementara pengertian batik cap adalah jenis batik yang dihasilkan dengan cara membasahi salah satu permukaan bagian cap dengan malam (lilin batik) yang kemudian dicaokan pada batik. Jadi dalam pembuatan batik cap ini sudah ada pola yang ditentukan sebelumnya, sehingga bentuk dan ukuran dari setiap pola adalah sama. Pembuatan batik ini tidak memerlukan banyak tenaga, karena menggambar polanya tidak secara manual namun menggunakan alat.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan batik cap ?

Kelebihan batik cap adalah teknik pembuatannya mudah, dan waktu penyelesaiannya cepat. Namun dibalik kelebihannya, batik cap ini juga memiliki kelemahan, yaitu motif pada batik ini terbatas dan pola yang dibuat ukurannya tidak bisa besar-besar. Tidak hanya itu saja, pada batik cap ini juga tidak terdapat seni coretan dan kehalusan motif, serta kurangnya kreativitas dalam pembuatan pola batik.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian batik tulis dan batik cap serta proses batik tulis dan batik cap. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian batik tulis dan batik cap secara umum ya ! Baca juga pengertian culture shock dalam sosiologi 🙂