1. Pengertian blue collar crime dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan blue collar crime ?
  3. Apa arti kata blue collar crime ?
  4. Apa itu blue collar crime ?
  5. Apa perbedaan white collar crime dengan blue collar crime?

Pengertian Blue Collar Crime Menurut Para Ahli


Arti blue collar crime adalah :

Pelajaran sosiologi memang tiada matinya. Pelajaran ini selalu digunakan untuk membahas kasus yang terjadi dalam kehidupan secara sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan adanya perilaku menyimpang, yang biasa disebut dengan penyimpangan sosial. Perilaku menyimpang adalah suatu perilaku yang dianggap menyimpang dari norma, aturan atau nilai kesusilaan yang berlaku dalam masyarakat menurut pandangan agama maupun secara individual.

Penyebab perilaku menyimpang biasanya dipengaruhi oleh dua faktor, yakni:

  1. Faktor subjektif, artinya faktor yang berasal dari dalam diri seseorang yang sudah dibawanya sejak lahir.
  2. Faktor objektif, adalah penyimpangan terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan luar, misalnya lingkungan pergaulan, rumah tangga, dan lain-lain.

Dalam penyimpangan sosial, pasti ada tindak kejahatan yang terjadi. Tindak kejahatan dalam sosiologi dibagi dalam kejahatan kerah putih (white collar crime) dan kejahatan kerah biru (blue collar crime). Apa saja pengertian white collar crime dan blue collar crime tersebut?

  1. Kejahatan Kerah Putih (white collar crime)

Definisi white collar crime adalah jenis kejahatan yang biasanya ditujukan atau dilakukan untuk kalangan terpandang dan memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat. Siapa saja bisa melakukan kejahatan jenis ini karena tidak ada peraturan atau hukum yang mengikat dan melarang kejahatan ini. Biasanya para bandit yang akan melakukan kejahatan ini, akan berpakaian warna putih semuanya, mulai dari jas, celana, dasi, semua deh pokoknya berwarna putih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kecurigaan bahwa dirinya adalah bandit.

Contoh white collar crime adalah : Kasus Malpraktek, korupsi dan kolusi yang dalam aksinya melibatkan perseorangan, kelompok orang, suatu badan atau hukum.

  1. Kejahatan Kerah Biru (blue collar crime)

Pengertian blue collar crime adalah jenis kejahatan yang levelnya rendah. Biasanya yang menjadi sasarannya adalah orang dengan penghasilan rata-rata atau golongan ekonomi rendah. Kejahatan jenis ini biasanya dilakukan karena adanya tuntutan hidup karena penghasilan yang diperoleh rendah.

Contoh blue collar crime adalah : Kasus pencurian jemuran, maling ayam, pencurian sendal jepit, pengedaran narkotika, dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh seorang suami kepada istri.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian blue collar crime dan contohnya. Semoga kalian bisa memahami pengertian blue collar crime dalam sosiologi secara umum ya ! Baca juga pengertian unilateral dalam sosiologi 🙂