1. Pengertian citra foto dan nonfoto itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan citra foto dan nonfoto ?
  3. Apa itu citra foto dan nonfoto ?
  4. Apa contoh citra foto dan nonfoto ?
  5. Jelaskan perbedaan citra foto dan non foto!

Pengertian Citra Foto dan Nonfoto Menurut Para Ahli


Arti citra foto dan nonfoto adalah :

Definisi citra foto adalah gambar yang dihasilkan dengan menggunakan sensor kamera. Sedangkan definisi citra non foto adalah gambaran objek yang dihasilkan oleh sensor bukan kamera. (Bambang Utoyo : 2007)

Pengertian citra foto adalah citra yang dihasilkan dari hasil pemotretan dengan menggunakan kamera. Sedangkan pengertian citra nonfoto adalah citra yang dihasilkan bukan dari kamera. (Rogers Pakpahan dkk : 2009) 


Mengetahui Arti Citra Foto dan Non Foto

Citra adalah gambar hasil rekaman suatu objek yang biasanya berupa foto atau gambar. Proses pembuatan citra dapat dilkukan secara vertikal maupun horizontal. Misalnya sewaktu mengambil foto halaman atau pekarangan rumah. Jenis-jenis citra dibagi menjadi dua yaitu citra foto dan citra nonfoto. Lalu apa pengertian citra foto dan citra nonfoto & perbedaan citra foto dan nonfoto?

Citra Foto

Apa pengertian citra foto dan contohnya? Pengertian citra foto adalah gambar  yang dihasilkan dari sensor kamera yang berupa foto ataupun gambar. Macam macam citra foto  / jenis jenis citra foto dapat dibedakan atas:

a. Berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan

Berdasarkan spektrum elektromagnetik yang digunakan, citra foto dibagi atas lima jenis antara lain:

  • Citra foto ultraviolet adalah jenis foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum ultraviolet dengan panjang gelombang yang hanya berkisar 0,29 mikrometer.
  • Citra foto pankromatik adalah jenis foto yang diambil di udara dan menggunakan spektrum tampak mata. Jenis citra foto ini juga dinamakan citra foto konvensional
  • Citra foto inframerah asli adalah jenis foto yang dibuat dengan mnggunakan spektrum inframerah yang dalam pembuatannya dilakukan secara khusus
  • Citra foto inframerah modifikasi adalah jenis foto yang dibuat dengan mengguakan spektrum inframerah tapi sebagian spektumnya tampak berwarna merah dan sebagian lagi tampak berwarna hijau
  • Citra foto ortokromatik adalah jenis foto diudara yag ditangkap dengan menggunakan spektrum berwarna biru hingga ungu

b. Citra foto berdasarkan warna yang dapat dibagi menjadi citra foto hitam putih dan citra foto berwarna

c. Citra foto berdasarkan sumber kamera dapat dibedakan menjadi sumbu kamera tegak dan sumbu kamera condong

d. Citra foto berdasarkan jumlah kamera dilakukan dengan menangkap hasil gambar dengan menggunakan beberapa kamera secara bersamaan

Citra Non Foto

Pengertian citra non foto adalah citra foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum elktromagnetik. Spektrum elektromagnetik yang diterima oleh sensor nantinya akan direkam ke dalam sebuah pita magnetik. Proses perekamannya dilakukan dengan cara scanning maka dari itu jenis citra foto ini juga sering disebut sebgai scanner.

Contoh jenis jenis citra non foto / macam macam citra non foto adalah sebagai berikut :

a. Citra inframerah termal adalah citra foto yang dibuat dngan menggunakan spektrum inframerah termal. Citra foto ini dimanfaatkan berdasarkan perbedaan temperatur dari setiap objek yang dipantulkan dari kamera ke sensor.

b. Citra microwave atau citra radar

Adalah jenis foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum radar atau mikrowave. Citra ini dibuat dengan menggunakan citra buatan yang energinya buatan atau tidak alami.

c. Citra satelit adalah jenis foto yang dibuat berdasarkan satelit apa saja yang ada di bumi yang juga mengitari bumi ini sendiri.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian citra foto dan nonfoto. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian citra foto dan citra non foto secara umum ya ! Baca juga pengertian jendela atmosfer 🙂