1. Pengertian contingenten stelsel itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan contingenten stelsel ?
  3. Apa arti contingenten stelsel ? Apa itu contingenten stelsel ?
  4. Apa itu kebijakan preanger stelsel dan contingenten ?

Pengertian Contingenten Stelsel Menurut Para Ahli


Definisi contingenten stelsel adalah :

Pengertian contingenten stelsel adalah suatu kewajiban menyerahkan untuk menyerahkan sejumlah pajak yang berupa hasil bumi kepada pemerintah Belanda yang tujuannya adalah untuk menjaga kondisi keuangan kas pemerintahan hindia Belanda saat itu. 


Sejarah & Pengertian Kebijakan Contingenten Stelsel

Kedatangan bangsa Eropa sewaktu zaman penjajahan juga disusul dengan kedatangan Bangsa Belanda yang dilatarbelakangi oleh ditutupnya pelabuhan dagang Lisbon bagi Belanda dan Spanyol yang bertujuan untuk menghancurkan kekuatan ekonomi dari Belanda.

Daendels yang pada zaman penjajahan Belanda menjabat sebagai gubernur jendral di Indonesia ingin mempertahankan Pulau Jawa seutuhnya dari serangan yang dilakukan oleh Inggris pada waktu itu. Berbagai macam cara dilakukan Daendels untuk mempertahankan Pulau Jawa, diantaranya:

  • Membangun tentara, mendirikan benteng, pabrik senjata (mesiu) di Semarang dan di Surabaya serta pendirian rumah sakit untuk para tentara
  • Membangun jalan dari Anyer sampai Panarukan yang diprediksi panjangnya mencapai 1.000 kilometer
  • Membangun pelabuhan di wilayah Anyer dan Ujung Kulon untuk kepentingan perang
  • Membentuk sistem kerja rodi atau kerja paksa

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Daendels menerapkan sistem tanam paksa untuk mengumpulkan dana demi kemakmuran pemerintahan Hindia Belanda pada saat itu. langkah yang dilakukan Daendels, antara lain:

  • Mengadakan contingenten stelsel
  • Memaksa rakyat untuk menjual hasil buminya kepada pemerintahan Hindia Belanda dengan harga yang relatif murah
  • Melaksanakan preanger stelsel
  • Menjual tanah negara kepada para pengusaha asing, sehingga membuat pemerintahan Hindia Belanda mendapatkan sejumlah uang untuk menambah kas pemerintahan

Belanda adalah bangsa terlama yang menjajah Indonesia yaitu kurang lebih 3.5 abad atau 350 tahun lamanya. Belanda yang saat ini dipimpin oleh Daendels menetapkan berbagai macam kebijakan di Indonesia terkait dengan sistem tanam paksa. Dalam sistem tanam paksa dikenal berbagai macam istilah mulai dari culture stelsel, preanger stelsel, dan contingentel stelsel.

  • Culture stelsel adalah sistem tanam paksa
  • Preanger stelsel kewajiban semua rakyat Priangan untuk menanam kopi di wilayahnya
  • Contingenten stelsel adalah kewajiban rakyat untuk menyerahkan pajak berupa hasil bumi kepada pihak Belanda yang bertujuan untuk menjaga sistem keuangan atau kas dari pemerintahan Hindia Belanda.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian contingenten stelsel. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian kebijakan contingenten stelsel secara umum ya ! Baca juga pengertian batik tulis dan batik cap 🙂