1. Pengertian culture shock dalam sosiologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan culture shock atau guncangan budaya ?
  3. Apa pengertian culture shock dan contohnya dalam sosiologi ?
  4. Apa penyebab culture shock ?
  5. Apa itu culture shock dan contohnya ?

Pengertian Culture Shock Menurut Para Ahli


Arti culture shock adalah :

Definisi culture shock adalah suatu keadaan emosi negatif yang dialami oleh pelancong sebagai akibat dari hilangnya simbol-simbol dan tanda-tanda interaksi sosial. (Bock : 1970)

Pengertian culture shock dalam sosiologi adalah goncangan budaya yang terjadi akibat perbedaan budaya, yakni perbedaan antara budaya lokal dan budaya asing. Sementara pengertian culture lag adalah ketimpangan budaya yang diakibatkan kebudayaan material lebih cepat berkembang ketimbang kebudayaan non-material. Penyebab terjadinya culture shock dan culture lag adalah akibat menyebarnya unsur-unsur informasi, budaya, teknologi, sosial, dan ekonomi sehingga meninggalkan batas-batas antar negara. (Dita Puspa Wulandari, S.Pd dkk : 2014)

Pengertian culture shock adalah suatu kondisi psikologis yang mengalami kekagetan karena harus beradaptasi / menyesuaikan diri dengan sesuatu yang asing dan baru, termasuk budaya baru yang mungkin sangat berbeda jika dibandingkan dengan budaya yang ada di negara asal. (Windy Ariestanty & ‎Maurin Andri : 2013) 


Arti Culture Shock Dalam Sosiologi

Apa pengertian culture shock beserta contohnya ?

Culture shock atau sering diartikan kegoncangan budaya. Pengertian culture shock adalah memiliki arti perubahan nilai budaya yang ada di dalam masyarakat, dimana seseorang belum terbiasa dengan budaya daerah tersebut. Hal ini bisa terjadi jika seseorang tiba-tiba dipindahkan ke lingkungan yang baru yang memiliki kebudayaan yang sangat berbeda dengan kebudayaan di daerah asalnya dulu. Seseorang yang masuk dalam lingkungan baru, pasti akan mengalami kesulitan dan tekanan mental. Namun hal ini wajar-wajar saja, apalagi orang tersebut masih perlu beradaptasi.

Tanda Tanda Culture Shock

Tanda-tanda yang ditimbulkan dari culture shock, antara lain:

  • Mulai berpikiran negatif dan selalu membandingkan antara lingkungan baru dengan lingkungan lama. Muncul juga kecenderungan untuk membentuk citra yang buruk pada budaya baru
  • Gampang marah dan sedikit frustasi yang aka berakibat seseorang akan berdiam diri dan tidak mau bergaul dengan orang sekitarnya
  • Mulai merasa sedih dan terasingkan
  • Mulai kehilangan identitas diri sendiri dan merasa kurang enak badan, seperti pilek, batuk, demam, dan lain sebagainya

Tahapan Culture Shock

Ada 4 tahap culture shock / empat tahapan timbulnya culture shock yaitu :

  1. Tahap Honeymoon Phase

Adalah tahap dimana seseorang akan merasa senang dengan lingkungan barunya. Kesenangan ini bisa ditimbulkan dari keramahan orang setempat, budaya yang ada, yang pastinya apa yang diharapkan sesuai dengan terjadi di lingkungan baru tersebut.

  1. Tahap Negotiation Phase

Adalah suatu tahap dimana seseorang merasa kurang nyaman di lingkungan sekitarnya. Biasanya masalah utama yang membuat ketidaknyamanan adalah faktor bahasa, kemudian faktor budaya. Perbedaan yang sangat signifikan antara lingkungan lama dengan lingkungan baru akan menyebabkan orang tersebut homesick dan ingin kembali ke lingkungan lamanya. Contoh kasusnya adalah seorang pelajar Indonesia yang mengemban studi di Amerika. Perbedaan antara budaya Timur dan Barat akan membuat pelajar tersebut sedikit terkejut, dan memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi.

  1. Tahap Adjustment Phase

Adalah tahap dimana seseorang telah menyesuaikan diri dengan budaya barunya, merasa nyaman, dan sudah bisa menerima segala perbedaan yang ada. Hal ini terjadi biasanya pada kurun waktu 6 hingga 12 bulan setelah ia pindah ke lingkungan baru.

  1. Tahap Mastery Phase

Adalah tahap dimana orang tersebut sudah merasa klop, nyaman, dan sudah terbiasa dengan lingkungan barunya. Namun hal ini tidak lantas membuat orang tersebut meninggalkan citra budaya lamanya, akan tetapi masih membawa logat dari tempat asalnya misalnya kebiasaan, gaya bicara, dan lain sebagainya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian culture shock dalam sosiologi. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian culture shock dan contohnya dalam sosiologi secara umum ya ! Baca juga pengertian vandalisme dan contohnya 🙂