1. Pengertian danau buatan dan danau alami itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan danau buatan ?
  3. Apa arti danau alami ? Apa itu danau buatan ?
  4. Apa pengertian danau buatan dan contohnya ?
  5. Apa contoh danau buatan dan alami ?

Pengertian Danau Buatan dan Danau Alami Menurut Para Ahli


Arti danau buatan dan danau alami adalah :

Definisi danau alami adalah danau yang terjadi secara alamiah. Contoh danau alamai adalah Danau Toba di Sumatra Utara. Pengertian danau buatan adalah danau yang dibuat oleh manusia. Danau buatan seringkali disebut dengan waduk. Contoh danau buatan adalah Waduk Jatiluhur. (Drs. Sudjatmoko Adisukarjo dkk : 2007)

Pengertian danau alami adalah danau alam yang terbentuk secara alami, sedangkan definisi danau buatan adalah danau hasil buatan manusia. Danau buatan disebut jugan dengan waduk atau bendungan. Manfaat danau antara lain untuk irigasi, daerah pariwisata, pembangkit listrik, olahraga air, dan peternakan (Drs. H. Panut dkk : 2007)  


Apa pengertian danau alam dan buatan?  Salah satu objek alam yang banyak menjadi tempat tujuan wisata di Indonesia adalah danau. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur ada begitu banyak danau yang terkenal keindahannya, seperti danau Toba di Sumatera Utara, Labuan Cermin di Kalimantan Timur, Ranu Kumbolo di Jawa Timur, Segara Anak di NTB, hingga danau Sentani dan Paniai di Papua.

Pada dasarnya danau-danau yang ada di bumi terbentuk secara alami yang disebabkan oleh berbagai fenomena alam. Seperti danau Toba yang terbentuk akibat ledakan gunung api yang begitu dahsyat yang menyebabkan timbulnya cekungan yang sangat besar di permukaan bumi.

Selain letusan gunung api (danau vulkanik), berbagai fenomena alam lain seperti pergeseran kerak bumi (danau tektonik), melarutnya kapur pada pegunungan kapur (danau karst), dan lain sebagainya dapat menyebabkan perubahan struktur permukaan bumi sehingga membentuk cekungan yang besar dan kemudian terisi air dan menjadi danau yang disebut dengan danau alami.

Namun ada pula danau yang memang sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu yang disebut dengan danau buatan. Kebanyakan danau buatan ini ditujukan sebagai bendungan atau waduk untuk membendung dan menyimpan air dari sungai, danau, atau laut yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti cadangan air saat musim kemarau, irigasi, pembangkit listrik tenaga air, budidaya ikan, tempat rekreasi, dan lain sebagainya.

Dengan membangun danau buatan kita dapat mengendalikan aliran air sehingga dapat mencegah terjadinya banjir serta memanfaatkan cadangan air untuk berbagai keperluan. Apa saja nama danau buatan di Indonesia ?

Contoh danau buatan adalah waduk Jatiluhur di Jawa Barat, bendungan Aswan di Mesir, waduk Gajahmungkur di Jawa Tengah, serta bendungan Sigura-gura di Sumatera Utara.

Danau buatan biasanya dibangun di sekitar sumber air atau di daerah dataran rendah yang rawan terjadinya banjir sehingga dapat digunakan sebagai tempat untuk mengalirkan kelebihan air.

Secara konvensional danau buatan dibangun dengan menggali tanah dan membangun dinding beton pada sisi-sisinya. Atau bisa juga dengan memanfaatkan topografi tanah yaitu dengan membuat danau buatan pada bagian lembah sungai dimana bagian pinggir lembah dijadikan sebagai tembok dan bagian paling sempit dijadikan bendungan atau penampung air.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian danau buatan dan danau alami serta danau buatan di indonesia dan asal daerahnya. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan danau buatan dan alami secara umum ya ! Baca juga pengertian danau dan manfaatnya 🙂