1. Pengertian danau dan manfaatnya itu apa saja sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan danau ?
  3. Apa arti kata danau ? Apa itu danau ?
  4. Apa manfaat danau bagi kehidupan makhluk hidup ?
  5. Apa fungsi dan manfaat danau bagi manusia ?

Pengertian Danau Menurut Para Ahli


Arti danau adalah :

Pengertian danau adalah genangan air yang sangat luas yang di kelilingi oleh daratan. (Tim Guru Indonesia, ‎Tim Redaksi Bintang Wahyu : 2015)

Definisi danau adalah adalah sebuah cekungan di muka bumi, yang mana jumlah air masuk lebih besar daripada air yang keluar. Apabila ada air mengalir ke dalamnya, maka akan terjadi genangan. Air yang keluar bisa karena mengalir di bawah tanah. (Made Sandy – 1985)

Arti danau adalah segala bentuk sumber air yang tidak mengalir atau dengan aliran yang sangat lambat yang terdapat pada kawasan volkanik, dataran aluvial, dan daerah karst. (Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia : 2008) 


Kita semua tentu sepakat bahwa air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Dapat dikatakan tanpa air tidak akan ada kehidupan. Di mana ada air di situ akan tumbuh berbagai jenis tanaman, akan berkembang biak berbagai jenis hewan, dan tentu saja akan berkembang peradaban manusia.

Ada bermacam-macam sumber air yang tersedia di bumi, contohnya sungai, laut, dan danau. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri dan kali ini kita akan fokus membicarakan mengenai danau.

Kebanyakan kita tentu sudah kenal dengan jenis perairan yang satu ini. Pengertian danau adalah cekungan besar berisi air di permukaan bumi yang seluruh sisinya dibatasi oleh daratan. Kebanyakan danau dapat kita temukan di daerah pegunungan dan airnya bersifat tawar, meskipun ada juga danau berair asin.

Air danau berasal dari aliran sungai, gletser yang mencair, atau dari mata air yang ada di danau tersebut. Salah satu danau yang cukup terkenal di Indonesia adalah danau Toba yang sering menjadi tempat tujuan wisata baik turis dari dalam negeri maupun luar negeri.

Apa manfaat danau untuk manusia dan kehidupan makhluk hidup ? Sebagai kawasan tempat berkumpulnya air yang merupakan kebutuhan utama makhluk hidup, sudah tentu danau memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup di sekitarnya, diantaranya :


Manfaat Danau Bagi Manusia


  • sebagai penyedia kebutuhan air bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan, seperti untuk minum, memasak, mencuci, mandi, irigasi, dan berbagai kegiatan lainnya
  • sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Di daerah dengan sumber air yang besar tentu penggunaan pembangkit listrik tenaga air jauh lebih efektif dan efisien karena lebih murah dan tidak mencemari lingkungan. Contohnya seperti PLTA Maninjau dan PLTA Singkarak di propinsi Sumatera Barat
  • sebagai objek wisata dan tempat rekreasi sehingga dapat menambah pemasukan daerah. Contohnya danau Toba, danau Labuan Cermin, danau Paniai, danau Sentani, dan lain sebagainya
  • sebagai tempat penampungan air ketika musim hujan dan cadangan air saat musim kemarau
  • sebagai tempat untuk budidaya ikan sehingga dapat menjadi sumber perekonomian masyarakat. Contohnya danau singkarak yang terkenal dengan ikan bilihnya dimana budidaya dan pengelolaan ikan bilih menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat danau Singkarak
  • sebagai habitat bagi bermacam-macam tumbuhan dan hewan air
  • sebagai jalur transportasi untuk memperpendek jarak tempuh, bisa dengan transportasi air atau menggunakan jembatan.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian danau dan manfaatnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian danau dan contohnya di Indonesia secara umum ya ! Baca juga pengertian laju reaksi dan contohnya 🙂