1. Pengertian danau karst dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan danau karst ?
  3. Apa arti danau karst ? Apa itu danau karst ?
  4. Apa contoh danau karst yang ada di Indonesia ?
  5. Danau karst terjadi karena apa ?

Pengertian Danau Karst Menurut Para Ahli


Arti danau karst adalah :

Definisi danau karst adalah danau yang terbentuk karena pengikisan batu kapur oleh air. Pengikisan ini seringkali menghasilkan suatu cekungan yang dapat digenangi oleh air. Jika terisi air hujan maka akan membentuk danau karst berupa dolina. (Entatarina Simanjuntak, ST, M.Plan, ‎Hasna Widiastuti, ST, M.Eng.Sc, ‎Iman Argiono : 2014)

Pengertian danau karst adalah danau yang terbentuk karena adanya lapisan tidak tembus air yang menutupi dasar pipa karst sehingga air hujan yang jatuh di tempat tersebut tidak dapat meresap dan terbentuklah danau. Contoh danau karst adalah danau yang berada di pegunungan sewu Yogyakarta. (Tim Guru Indonesia, ‎Tim Redaksi Bintang Wahyu : 2015) 


Apa pengertian dan contoh danau karst yang ada di Indonesia ? Istilah danau karst mungkin terdengar asing di telinga sebagian besar teman-teman. Kita lebih familiar dengan berbagai nama danau yang tersebar di seluruh Indonesia seperti danau Toba, Maninjau, Singkarak, Kelimutu, dan masih banyak lagi.

Hal ini dapat dimaklumi karena istilah karst mengacu pada jenis danau bukan nama danau sehingga istilah ini lebih familiar bagi orang yang sedang atau fokus mempelajari ilmu mengenai bumi. Semasa sekolah mungkin kita pernah mendengar istilah ini namun tidak begitu menempel di ingatan.

Jadi apa yang dimaksud dengan danau karst? Danau karst adalah salah satu jenis danau yang terbentuk secara alami karena pelapukan atau pelarutan batuan kapur sehingga danau karst paling banyak dijumpai pada daerah pegunungan kapur.

Pelapukan batuan kapur ini terjadi karena proses-proses kimia seperti hidrasi, oksidasi, karbonisasi, serta hidrolisis. Batuan kapur yang terus-menerus terpapar air yang mengandung zat kimia akan mengalami peluruhan dimana air merembes ke dalam pori-pori batu dan sedikit demi sedikit batu akan lapuk dan  membentuk cekungan yang disebut dengan dolina. Dolina inilah yang terus membesar dan terisi air hingga akhirnya cukup dalam dan menjadi sebuah danau.

Contoh danau karst di Indonesia antara lain yaitu danau yang terdapat pada pegunungan kapur selatan atau pegunungan kidul di kabupaten Malang dan danau Tarusan Kamang di Agam, Sumatera Barat.

Danau Tarusan Kamang memiliki keunikan tersendiri dimana pada saat-saat tertentu yang tidak dapat dipastikan air danau ini akan kering hingga yang terlihat hanyalah padang rumput dan danau tersebut hilang sama sekali. Hal ini berlangsung beberapa waktu sekitar tiga bulan hingga dua tahun dan kemudian air danau ini muncul kembali.

Menurut peneliti kemungkinan hal ini ada kaitannya dengan sungai bawah tanah yang berhubungan langsung dengan danau ini, ketika permukaan air sungai tinggi danau ini akan terisi air, sebaliknya ketika permukaan air sungai menyusut hingga lebih rendah dari dasar danau maka air danau akan mengering.

Salah satu hal menarik dari danau karst adalah adanya sungai-sungai yang bersifat periodik di sekitar atau di bawah danau yang aliran airnya berasal dari danau dan hanya berair pada musim hujan, pada musim kemarau sungai-sungai ini akan mengalami penyusutan drastis bahkan kering. Hal ini terjadi karena ketika musim kemarau air danau mengalami penyusutan sehingga tidak dapat mengalirkan air ke sungai di sekitarnya.

Contoh danau karst di dunia antara lain : Der Cenote Sagrado dekat Chichen Itza di Yucatán , Danau Otjikoto Lake di Namibia.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian danau karst dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan pengertian danau vulkanik tektonik tektovulkanik karst secara umum ya ! Baca juga pengertian danau tektonik dan vulkanik 🙂