1. Pengertian darah biru itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan darah biru ?
  3. Apa arti kata darah biru ? Apa itu darah biru ?

Pengertian Darah Biru


Arti darah biru adalah :

Darah biru, yup teman-teman pasti pernah mendengar istilah ini yang biasanya ditujukan kepada orang-orang yang berasal dari keturunan ningrat, bangsawan, priyayi, raja, nabi, atau tokoh tertentu. Hal ini salah satunya terlihat dari nama mereka yang memakai gelar-gelar tertentu seperti habib, shah, tsar, raden ayu, mas ayu, said, syarifah, dan masih banyak lagi.

Keturunan darah biru biasanya memiliki status sosial yang tinggi dalam masyarakat, khususnya masyarakat feodal. Mereka sangat dihargai dan dihormati serta pendapatnya didengar oleh masyarakat.

Apa definisi darah biru ? Kenapa disebut darah biru ? Apa istimewanya keturunan darah biru ?

Darah biru adalah kiasan. Jangan dibayangkan darah mereka benar-benar berwarna biru. Warna darah mereka sama dengan orang kebanyakan yaitu berwarna merah.

Penggunaan kata darah untuk melambangkan keturunan dan kata biru melambangkan langit biru yang ada di atas sehingga pengertian darah biru adalah bermakna keturunan yang tinggi atau keturunan dari para raja atau dewa.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata istilah darah biru ini juga digunakan di luar negeri tepatnya di negara Spanyol. Darah biru diterjemahkan menjadi sangre azul dalam bahasa Spanyol dan ditujukan kepada keluarga kerajaan yang merupakan keturunan murni dari visigoth (nama suku yang berasal dari Jerman).

Hanya saja penggunaan istilah ini dengan alasan berbeda dimana darah biru merupakan kiasan yang mengacu kepada warna kulit mereka yang sangat putih sehingga pembuluh darah mereka yang berwarna biru kelihatan.

Karena sangat mengagungkan asal keturunan mereka sehingga sebagian keturunan darah biru yang masih berpikiran konvensional sangat mengagungkan kemurnian keturunan dimana masalah pernikahan menjadi salah satu perhatian utama mereka.

Sedapat mungkin mereka berupaya mencari pasangan yang berasal dari darah biru pula sehingga kemurnian darah mereka terjaga. Pemikiran seperti ini dapat dikatakan masih melekat kuat di masyarakat khususnya masyarakat timur.

Hal ini dapat dilihat ketika orangtua memilih calon pendamping untuk anaknya dimana salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah bibit atau asal keturunan seseorang, siapa ayah, ibu, dan keluarganya? Apakah termasuk keluarga baik-baik atau tidak? Biasanya orangtua akan sangat bangga jika anaknya menikah dengan seseorang yang berasal dari keturunan darah biru.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian darah biru. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian keturunan darah biru secara umum ya ! Baca juga pengertian letak geografis astronomis geologis 🙂