1. Pengertian darah kotor dan darah bersih itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan darah bersih dan darah kotor ?
  3. Apa arti darah kotor ? Apa itu darah bersih ?
  4. Apa perbedaan darah kotor dan darah bersih ?
  5. Apa penyebab darah kotor dan ciri cirinya ?

Pengertian Darah Kotor dan Darah Bersih Menurut Para Ahli


Arti darah kotor dan darah bersih adalah :

Definisi darah kotor adalah darah yang mengandung racun atau darah statis yang bisa menyumbat peredaran darah sehingga mengakibatkan sistem peredaran darah didalam tubuh dalam tubuh terganggu atau tidak berjalan sebagaimana adanya. (Muhadi, S.Pd.I & Muadzin, M.Pd.I)

Pengertian darah bersih adalah darah yang mengandung banyak oksigen. Sementara pengertian darah kotor adalah darah yang mengandung karbon dioksida (Yanti Herlanti dkk : 2007) 


Di masyarakat sering beredar istilah-istilah kedokteran yang tidak baku yang terkadang maksudnya tidak seperti yang digambarkan dalam istilah tersebut. Contohnya istilah yang akan kita bahas kali ini yaitu darah kotor dan darah bersih.

Sebagai orang awam mungkin kita akan membayangkan darah kotor itu adalah darah kita yang biasanya berwarna merah kini berwarna kecoklatan seperti terkena kotoran. Atau darah yang mengandung zat-zat berbahaya sehingga harus dikeluarkan dari tubuh. Padahal sebenarnya tidaklah demikian.

Istilah darah kotor dan darah bersih digunakan untuk menyatakan muatan apa yang dibawa oleh darah tersebut karena pada dasarnya seluruh darah di tubuh kita adalah bersih.

Darah ibarat bus yang berjalan ke seluruh bagian tubuh untuk membawa oksigen dan sari makanan serta karbon dioksida dan zat-zat sisa metabolisme tubuh. Jika darah tersebut membawa banyak karbon dioksida, sedikit sekali oksigen,  dan zat-zat sisa metabolisme maka ia disebut darah kotor.

Sebaliknya jika darah tersebut membawa banyak oksigen dan sari makanan maka ia disebut darah bersih. Jadi bukannya darah tersebut yang kotor atau bersih tetapi muatan apa yang dibawanya.

Lalu bagaimana peredaran darah kotor dan peredaran darah bersih bisa terjadi ?

Darah yang membawa zat sisa metabolisme dan karbon dioksida dibawa oleh pembuluh balik menuju bilik kanan jantung dan kemudian diteruskan ke paru-paru. Di paru-paru darah tersebut dibersihkan dalam artian muatannya diganti. Karbon dioksida ditukar dengan oksigen sehingga darah tersebut menjadi darah bersih sementara karbon dioksida dikeluarkan melalui pernapasan. Setelah itu darah kembali lagi ke jantung tepatnya ke bilik kiri.

Namun darah ini belum sepenuhnya ‘bersih’ karena masih ada muatan zat sisa-sisa metabolisme. Untuk itu darah dipompa lagi ke ginjal untuk membersihkannya dari zat-zat sisa metabolisme. Setelah darah sepenuhnya bersih barulah darah diedarkan lagi ke seluruh tubuh untuk melakukan tugasnya membawa oksigen dan sari makanan untuk mendukung berbagai proses di dalam tubuh.

Dapat kita lihat ada tiga organ yang berperan penting dalam sistem peredaran darah yaitu jantung sebagai alat pompa darah serta paru-paru dan ginjal sebagai organ untuk ‘membersihkan’ darah. Jika salah satu atau keduanya mengalami gangguan maka dapat dipastikan darah tidak dapat dibersihkan dengan sempurna sehingga akan mengganggu berbagai proses di dalam tubuh.


Itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan darah bersih dan darah kotor. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian darah kotor dan darah bersih secara umum ya ! Baca juga pengertian darah biru 🙂