1. Pengertian darah tinggi dan darah rendah itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan darah tinggi dan darah rendah ?
  3. Apa arti darah tinggi dan darah rendah ?
  4. Apa itu darah tinggi dan darah rendah ?
  5. Apa perbedaan gejala darah tinggi dan darah rendah ?

Pengertian Darah Tinggi Dan Darah Rendah Menurut Para Ahli


Arti darah tinggi dan darah rendah adalah :

Pengertian darah tinggi adalah suatu kondisi di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Darah tinggi biasa terjadi pada tekanan darah 140/90 mmHg atau keatas. Jika tekanan darah 120/80 mmHg maka dikatakan normal. Penyebab darah tinggi adalah sebagai berikut : stress, obesitas, kurang berolahraga, merokok, kelainan kadar lemak dalam darah dsb. (Ibnu Eman al Cidadapi : 2016)

Pengertian darah rendah adalah tekanan darah diastolik yang kurang dari 60 mmHg atau tekanan darah systolic yang kurang dari 90 mmHg. Ciri-ciri darah rendah adalah sesak napas, nyeri dada, sakit kepala, diare berkepanjangan, gangguan pencernaan dsb. Penyebab darah rendah adalah sebagai berikut : Kekurangan volume darah, pelebaran pembuluh darah, anemia, masalah jantung, perubahan hormon dsb. (Andri Wang : 2014) 


Teman-teman pasti pernah mendengar istilah darah tinggi dan darah rendah. Kedua istilah ini sangat umum digunakan di masyarakat untuk menyatakan kondisi tekanan darah atau tensi darah seseorang.

Misalnya jika ada teman yang suka marah-marah maka dikatakan tensinya sedang naik, sementara jika ada teman yang pembawaannya selalu lesu dan suka pusing maka dikatakan tensinya sedang turun.

Ini tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar karena emosi yang tinggi, lesu, dan pusing termasuk salah tiga dari ciri-ciri tekanan darah seseorang sedang tinggi atau rendah namun masih ada ciri-ciri lain yang menyertainya sehingga diperlukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan untuk memastikan kondisi tekanan darah seseorang.

Sebelum itu mari kita lihat dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan tekanan darah. Jadi seperti yang kita ketahui bahwa darah merupakan zat cair yang mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Seperti cairan lainnya yang mengalir di suatu saluran maka darah yang mengalir di pembuluh darah juga memiliki tekanan terhadap pembuluh darah arteri tempat ia mengalir yang disebut dengan tekanan darah.

Tekanan darah ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu ketahanan pembuluh darah arteri dan volume darah yang dipompa oleh jantung ke pembuluh darah. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung tentu semakin tinggi tekanan yang diterima oleh pembuluh darah sehingga ketahanan pembuluh darah turut menentukan mampu tidaknya ia menahan tekanan tersebut.

Lalu apa penyebab tekanan darah tinggi dan darah rendah serta apa bahaya darah tinggi dan darah rendah ?

Analoginya seperti air yang mengalir di selang, jika volume air terlalu besar dan selang tidak mampu menahannya bisa berakibat selang menjadi pecah atau dalam kasus ini pembuluh darahnya menjadi pecah yang tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh.

Kondisi tekanan darah yang cukup tinggi terhadap dinding pembuluh darah arteri disebut juga dengan darah tinggi atau hipertensi.

Sebaliknya tekanan darah yang terlalu rendah terhadap dinding pembuluh darah arteri yang disebut dengan darah rendah atau hipotensi juga tidak baik karena darah tidak bisa maksimal dalam melaksanakan tugasnya untuk membawa oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Sehingga tidak heran jika orang yang terkena hipotensi akan merasa lemas, lesu, dan mudah pusing karena memang pasokan oksigen dan sari makanan tidak tersalurkan secara optimal ke seluruh tubuh.

Adapun perbedaan tekanan darah rendah dan tinggi adalah sebagai berikut :

  • Tekanan darah rendah nilainya 90/60 atau dibawahnya
  • Tekanan darah tinggi nilainya 130/90 atau diatasnya
  • Tekanan darah normal nilainya diatas 90/60 atau dibawahnya

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian darah tinggi dan darah rendah serta ciri ciri darah tinggi dan darah rendah. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan darah tinggi dan darah rendah secara umum ya ! Baca juga pengertian darah biru & pengertian darah kotor dan darah bersih 🙂