1. Pengertian de facto dan de jure dilihat dari segi bahasa itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan de facto dan de jure ?
  3. Apa arti kata de facto dan de jure ?
  4. Apa itu de facto dan de jure ?
  5. Apa perbedaan de facto dan de jure ?

Pengertian De Facto dan De Jure Menurut Para Ahli


Arti de facto dan de jure adalah :

Pengertian pengakuan secara de facto adalah pengakuan secara kenyataan yang berdasarkan fakta bahwa negara itu memang ada. Contohnya secara de facto lndonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Sedangkan pengertian pengakuan de jure adalah suatu pengakuan atas suatu negara baru yang sesuai dengan hukum internasional. (pengertian de facto dan de jure dalam pkn)

Pengertian sensus de facto adalah suatu pencatatan penduduk yang didasarkan pada setiap orang yang ada serta sudah berhasil ditemui petugas di suatu daerah, meskipun mungkin orang tersebut bukanlah penduduk daerah yang bersangkutan. Sedangkan pengertian sensus de jure adalah pencatatan penduduk yang berdasarkan atas bukti hukum yang dimiliki penduduk yaitu berupa eKTP atau KK. (pengertian de facto dan de jure dalam geografi)

Pengertian wafat secara de facto adalah kematian yang bisat dilihat pada mayit yaitu dia benar-benar memangsudah meninggal dan kita menghadiri pengurusan jenazahnya atau yang semisalnya. Sedangkan pengertian wafat secara de jure adalah seseorang yang hilang dan tidak diketahui dimana rimbanya, lalu pejabat yang berwenang atau hakim menetapkan bahwa orang tersebut sudah wafat. (Muhammad Thaha Abul Ela Khalifah : 2007 dalam hukum waris) 


Kali ini kita akan membahas mengenai istilah de facto dan de jure. Semasa bersekolah kita tentu sudah mengenal kedua istilah ini namun karena sudah lama terkadang masih sering tertukar di antara keduanya. Atau bagi adik-adik yang baru belajar mungkin masih kurang memahami perbedaan di antara keduanya. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita membahasnya kembali.

Jadi apa itu de facto dan apa itu de jure & apa perbedaan de facto dan de jure? Berbicara mengenai da facto dan de jure berarti berbicara mengenai konsep pengakuan, bagaimana status seseorang atau suatu wilayah, apakah diakui di mata hukum dan bagaimana kenyataannya.

Sesuai namanya de facto berarti sesuai fakta atau kenyataan, menyatakan status sesuatu  berdasarkan kenyataannya. Sementara de jure berarti sesuai hukum, bagaimana status sesuatu berdasaran hukum yang berlaku. Masing bingung? Samaaa. Agar lebih jelas mari kita lihat contoh de facto dan de jure dalam kehidupan sehari hari.

Misalnya masalah status kepemilikan sebuah rumah. Pada sertifikat tertera nama Pak Ali sebagai pemiliknya yang berarti secara de jure rumah tersebut adalah kepunyaan pak Ali. Namun pada kenyataannya belum tentu rumah tersebut ditempati dan dikuasai oleh pak Ali. Bisa saja ternyata rumah tersebut dikuasai oleh pak Badu yang merupakan adik pak Ali yang ikut membantu pak Ali membangun rumah tersebut, ini berarti secara de facto rumah ini dikuasai oleh pak Badu.

Idealnya de facto dan de jure harus beriringan, sesuatu dikuasai atau diakui baik secara de facto maupun de jure. Namun pada pelaksanaannya tidak selalu seperti itu, persengketaan dan perebutan kekuasaan dapat menyebabkan tidak seiringnya status de facto dan de jure.

Contohnya negara kita Indonesia, secara de jure Indonesia adalah negara yang berdaulat dari Sabang sampai Merauke dan diakui secara internasional sejak diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun masih saja ada kelompok-kelompok pemberontak di daerah yang melakukan perlawanan dan menguasai beberapa daerah. Daerah-daerah tersebut secara de jure merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Indonesia, namun secara de facto dikuasai oleh pemberontak.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian de facto dan de jure dilihat dari segi bahasa . Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian pengakuan de facto dan de jure secara umum ya ! Baca juga pengertian dualisme kepemimpinan 🙂