1. Pengertian desain interior dan eksterior itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan desain interior dan eksterior ?
  3. Apa arti desain interior dan eksterior ?
  4. Apa itu desain interior dan eksterior ?
  5. Apa perbedaan desain interior dan eksterior ?

Pengertian Desain Interior dan Eksterior Menurut Para Ahli


Arti desain interior dan eksterior adalah :

Pengertian desain interior adalah suatu pemecahan masalah pada bagian dalam sebuah bangunan dengan berbagai macam pertimbangan, baik itu pertimbangan dari bahan, fungsi, teknis, maupun nilai estetisnya (norma desain dari Barat). (Dharsono Sony Kartika & Yakob Sumarjo : 2010)

Pengertian desain interior adalah desain yang dipakai untuk menciptakan interior pada bangunan supaya ruang tersebut terlihat indah, praktis sekaligus menyenangkan untuk dihuni sesuai dengan fungsi dari ruangan tersebut. (Nooryan Bahari : 2008)

Pengertian desain eksterior adalah desain tampilan luar dari suatu bangunan yang harus eye catching atau dapat menarik perhatian orang untuk masuk ke dalam. (Asep ST Sujana : 2012) 


Pengertian desain eksterior dan contohnya & pengertian desain interior dan contohnya itu seperti apa? | Desain atau rancangan merupakan hal yang wajib dibuat sebelum mendirikan sebuah bangunan. Baik rancangan yang dibuat oleh seorang desainer sungguhan ataupun ‘rancangan’ yang dibuat orang awam. Sebab tidak mungkin pekerja bangunan dapat mulai bekerja jika rancangan atau rencana bentuk bangunan belum ditentukan.

Mulai dari pondasi, posisi dan ukuran masing-masing ruangan, tinggi pintu, jumlah jendela, warna cat, dan lain sebagainya. Tanpa ada rancangan bisa-bisa bangunan tersebut tidak selesai, atau kalaupun selesai bentuk dan kualitasnya tidak bagus. Entah warna catnya tidak sesuai, tinggi pintu yang terlalu pendek atau terlalu tinggi, ukuran ruangan yang tidak proporsional, atau posisi penempatan jendela yang tidak pas.

Pembuatan desain atau rancangan suatu bangunan tidak dapat dilakukan sembarangan, ada cabang ilmu khusus yang harus dipelajari sehingga bangunan yang dihasilkan tidak hanya indah namun juga kuat, proporsional, fungsional, dan aman. Inilah yang membedakan rancangan buatan desainer dengan orang awam.

Desainer bangunan tidak hanya memiliki pengetahuan bagaimana merancang bangunan yang indah dilihat namun juga mempertimbangkannya dari berbagai sisi seperti dampak psikologis warna cat terhadap penghuni rumah, pengaturan posisi furnitur yang fungsional, dan lain sebagainya.

Ada dua jenis rancangan bangunan yaitu rancangan bagian dalam bangunan yang disebut dengan desain interior dan rancangan bagian luar bangunan yang disebut dengan desain eksterior. Begitu kompleksnya masing-masing bagian ini sehingga bidang ilmunya pun dipisah, ada bidang ilmu desain interior dan bidang ilmu desain eksterior.

Desain eksterior fokus pada rancangan bagian luar bangunan agar terlihat indah dan menarik. Seperti bentuk bangunan secara keseluruhan, bentuk pintu dan pagar, warna cat, pemilihan kaca jendela, hingga perancangan taman dan rumput di halaman. Desain eksterior sangat penting karena melalui sisi luar bangunan lah orang pertama kali akan menilai suatu bangunan. Dari desain eksterior pula lah akan terlihat budaya, masa, dan teknologi masyarakat suatu daerah.

Sementara itu yang menjadi fokus pada desain interior adalah bagaimana menciptakan lingkungan dalam bangunan dan komponen-komponen pendukungnya baik fisik maupun nonfisik sehingga orang yang menempatinya merasa nyaman dan memiliki kehidupan yang berkualitas. Seperti merancang pembagian masing-masing ruangan mulai dari kamar mandi, wc, kamar tidur, ruang tamu, hingga ruang makan, penempatan furnitur ruangan sehingga terlihat seimbang, sampai kepada pemilihan warna masing-masing ruangan sehingga penghuninya merasa nyaman. Tidak hanya merancang agar bagian dalam rumah terlihat indah namun juga fungsional serta meningkatkan kualitas hidup penghuninya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian desain eksterior dan interior. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian desain interior dan eksterior serta contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian dongeng jenaka 🙂