1. Pengertian diferensiasi dalam biologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diferensiasi dalam biologi ?
  3. Apa arti diferensiasi dalam biologi ?
  4. Apa itu diferensiasi dalam biologi ?
  5. Apa contoh diferensiasi dalam biologi ?

Pengertian Diferensiasi Dalam Biologi Menurut Para Ahli


Arti diferensiasi dalam biologi adalah :

Pengertian diferensiasi dalam biologi adalah suatu proses tumbuh dan terjadinya perbedaan dalam morfologi sel dan jaringan (Hidayat : 1995)

Definisi diferensiasi dalam biologi adalah pertumbuhan sel yang diikuti dengan spesialisasi (fungsi khusus) sel. (Amelia Zuliyanti Siregar, dkk : 2008) (diferensiasi adalah proses perubahan bentuk sel, sedangkan pengertian spesialisasi adalah proses perubahan fungsi sel) 


Semua makhluk hidup baik yang sederhana hingga yang paling kompleks sekalipun berasal dari sel yang merupakan struktur terkecil pada makhluk hidup. Jika makhluk hidup ditelisik hingga bagian paling kecil maka kita akan menemui sel sebagai bagian terkecil.

Makhluk hidup berasal dari sel induk atau sel asal yang kemudian berkembang menjadi berbagai macam bentuk sel yang memiliki fungsi berbeda-beda. Kumpulan sel-sel yang sama membentuk jaringan, sejumlah jaringan membentuk suatu organ, kemudian sekumpulan organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu tugas tertentu membentuk sistem organ. Kumpulan dari sistem organ inilah yang membentuk makhluk hidup secara utuh.

Contohnya sistem pencernaan yang merupakan sistem yang dibentuk dari sekumpulan organ seperti mulut, kerongkongan, usus, lambung, hingga anus yang bekerja sama untuk melakukan proses pencernaan pada manusia. Atau sistem pernapasan pada manusia yang didukung oleh beberapa organ seperti rongga hidung, faring, dan paru-paru. Jika ada salah satu organ yang mengalami gangguan maka fungsi sistem organ tersebut akan ikut terganggu.

Berarti sekompleks apapun makhluk hidup ia berasal dari sel induknya. Sel ini kemudian mengalami perubahan atau perkembangan menjadi sel-sel anak yang lebih khusus yang memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda untuk menunjang berbagai proses pada makhluk hidup.

Hal ini dalam ilmu biologi disebut juga dengan diferensiasi atau lebih tepatnya diferensiasi sel. Bagaimana sebuah sel induk berkembang dan berubah menjadi beragam sel seperti sel-sel darah, sel saraf, sel otot, sel jantung, sel hati, dan masih banyak lagi.

Diferensiasi menyebabkan sel anak yang dihasilkan memiliki ukuran, potensial membran, bentuk, ketanggapan terhadap sinyal, dan aktivitas metabolis yang berbeda dari sel induknya. Hal ini sebagian besar terjadi karena sel anak mengalami modifikasi ekspresi gen, dimana informasi genetik dari DNA atau RNA suatu makhluk hidup yang diterjemahkan menjadi protein mengalami perubahan sehingga sifat-sifat sel anak berubah.

Meskipun mengalami modifikasi, dengan sejumlah pengecualian, urutan DNA pada sel-sel anak hasil diferensiasi tersebut hampir tidak pernah berubah, sehingga kita akan mendapati sel-sel yang memiliki bentuk berbeda namun genomnya sama.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diferensiasi dalam biologi. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian diferensiasi dalam biologi secara umum ya ! Baca juga pengertian diferensiasi pada tumbuhan 🙂