1. Pengertian diferensiasi pada tumbuhan itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diferensiasi pada tumbuhan ?
  3. Apa arti diferensiasi pada tumbuhan ?
  4. Apa itu diferensiasi pada tumbuhan ?
  5. Apa contoh diferensiasi pada tumbuhan ?
  6.  Apa fungsi diferensiasi pada tumbuhan ?

Pengertian Diferensiasi Pada Tumbuhan Menurut Para Ahli


Arti diferensiasi pada tumbuhan adalah :

Pengertian diferensiasi pada tumbuhan adalah perubahan yang terjadi pada tumbuhan dari keadaan sejumlah sel membentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda, pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibagi menjadi 2 tahapan yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. (Deden Abdurahman : 2008)

Definisi diferensiasi pada tumbuhan adalah suatu proses beratur yang menyebabkan sel dengan struktur dan fungsi sama pada tumbuhan menjadi berbeda. Proses ini terjadi selama hidup tumbuhan serta selalu diikuti oleh berbagai perubahan fisiologis yang kompleks. (Rikky Firmansya : 2007)


Apa itu pengertian diferensiasi pada perkembangan tumbuhan ? Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Dimulai dari embrio hasil pembuahan kedua orangtua atau sel induknya kemudian berkembang sedikit demi sedikit hingga akhirnya menjadi dewasa, bahkan hingga dapat memproduksi keturunan baru.

Seperti seorang manusia yang berasal dari janin hasil pembuahan kedua orangtuanya, berkembang di dalam rahim, lahir, menjadi bayi, batita, balita, anak-anak, dan seterusnya hingga kemudian menikah dan menghasilkan keturunan pula. Hal ini berlaku pada semua makhluk hidup termasuk tumbuhan.

Salah satu proses penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah diferensiasi dimana jaringan meristem yang terdiri dari sel-sel punca yang selalu aktif membelah untuk menghasilkan sel-sel punca baru berubah menjadi jaringan-jaringan lain dengan tugas-tugas khusus untuk melaksanakan berbagai tugas yang diperlukan oleh tumbuhan tersebut untuk menopang kehidupannya.

Pada proses diferensiasi sel-sel punca yang awalnya belum memiliki tugas-tugas khusus mengalami perubahan baik perubahan struktur, fisiologi, maupun biokimia sehingga masing-masing memiliki kualifikasi yang berbeda-beda tergantung fungsi jaringan yang akan dibentuknya.

Jaringan-jaringan baru yang terbentuk dari proses diferensiasi jaringan meristem diantaranya jaringan epidermis yang berfungsi melindungi organ-organ tumbuhan dari berbagai serangan dan gangguan yang berasal dari luar, jaringan kolenkim dan sklerenkim yang berperan penting untuk menyokong pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ-organ tumbuhan, jaringan floem dan xilem yang memiliki tugas penting dalam mengangkut hasil asimilasi daun serta garam dan mineral ke seluruh bagian tumbuhan, serta jaringan parenkim atau jaringan dasar yang dapat ditemukan di setiap bagian tumbuhan.

Jika tidak terjadi proses diferensiasi maka tumbuhan tersebut tidak akan dapat bertahan hidup karena tidak tersedia berbagai jaringan penting yang diperlukan bagi kelangsungan hidupnya. Contohnya jika tidak terbentuk jaringan floem dan xilem maka tidak akan ada alat transportasi yang akan membagikan sari makanan, garam, dan mineral ke seluruh bagian tumbuhan. Akibatnya tumbuhan tersebut akan mati atau terganggu pertumbuhannya karena kekurangan asupan makanan.

Oleh karena itu penting bagi tumbuhan agar proses diferensiasi dapat berjalan lancar dan baik. Untuk itu diperlukan beberapa persyaratan diantaranya tersedianya hasil asimilasi dalam jumlah berlebih yang dapat dimanfaatkan pada berbagai kegiatan metabolisme yang akan dilakukan, dukungan suhu yang tepat dan cocok untuk terjadinya proses diferensiasi, serta tersedianya sistem enzim yang diperlukan yang berfungsi sebagai perantara dalam proses diferensiasi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diferensiasi pada tumbuhan. Semoga kalian bisa menjelaskan konsep diferensiasi sel pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara umum ya ! Baca juga pengertian diferensiasi ras dan contohnya 🙂