1. Pengertian diferensiasi produk dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diferensiasi produk ?
  3. Apa arti diferensiasi produk ? Apa itu diferensiasi produk ?
  4. Apa tujuan diferensiasi produk / manfaat diferensiasi produk ?
  5. Apa pengertian diferensiasi produk dalam pasar oligopoli ?

Pengertian Diferensiasi Produk Menurut Para Ahli


Arti diferensiasi produk adalah :

Pengertian diferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi produk supaya menjadi lebih menarik. Diferensiasi memerlukan penelitian pasar yang sangat serius agar bisa benar-benar berbeda, serta juga diperlukan pengetahuan tentang produk pesaing. (Eddy Soeryanto Soegoto : 2013)

Definisi diferensiasi produk adalah suatu upaya untuk menciptakan variasi pilihan dalam sebuah produk. Tujuan diferensiasi adalah untuk membuat suatu perbedaan antara produk produsen dengan produk kompetitor. (Rachmat Kriyantono : 2013)

Pengertian diferensiasi produk adalah perbedaan di antara produk tertentu (misalnya sepatu) mengenai antara lain harga, kualitas, kemasan, lokasi dan iklan. (Tiktik Sartika Partomo & Abd. Rachman Soejoedono : 2002)

Pengertian diferensiasi produk adalah suatu tindakan untuk merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. Contoh diferensiasi produk adalah bentuk, fitur, mutu kesesuaian, mutu kinerja, keandalan, daya tahan mudah diperbaiki. (Kotler & Keller : 2009) 


Apa yang dimaksud dengan strategi diferensiasi produk ? Teman-teman pasti pernah berdiri beberapa lama di depan rak pajangan produk di swalayan sekedar untuk berpikir mau membeli sabun mandi merek apa. Ada begitu banyak pilihan, sabun A memang lebih murah dari sabun B tetapi kandungan vitamin sabun B lebih banyak, belum lagi ada sabun C yang sedang promo besar-besaran sehingga sayang untuk dilewatkan, dan lain sebagainya.

Ya, pada zaman sekarang sebagai konsumen kita memang diberikan beragam pilihan produk untuk dikonsumsi. Setiap produsen berupaya mengemas produknya sebaik mungkin sehingga dapat menarik minat konsumen.

Salah satu cara untuk meraih simpati konsumen dan membuat produk kita dikenal luas oleh masyarakat adalah dengan melakukan diferensiasi produk, yaitu menciptakan produk yang berbeda dari produk lain sejenis.

Berbeda ini bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, bisa lebih murah, dikemas secara berbeda, lebih cepat, lebih berkualitas, dan lain sebagainya yang menjadikan produk tersebut spesial dan lebih diinginkan oleh konsumen. Jadi meskipun jenis barangnya sama namun memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki produk lain sejenis.

Untuk melakukan diferensiasi produk kita tidak hanya berfokus pada produk saja, seperti memperbarui tampilan produk, menambah fitur-fitur baru, meningkatkan kualitas, dan lain sebagainya. Dapat juga dilakukan dari aspek lain seperti :

  • Pelayanan

Bagaimana perusahaan meningkatkan pelayanan kepada konsumen dalam mengakses produk yang dijual seperti meningkatkan kecepatan pelayanan, kemudahan, akses, pengiriman yang lebih cepat, lebih sensitif terhadap keluhan konsumen mengenai produk, dan lain sebagainya.

  • Pendistribusian

Bagaimana perusahaan menyalurkan produk turut berpengaruh dalam diferensiasi produk. Seberapa banyak dan efektif saluran distribusi yang digunakan dan bagaimana kemampuan penjual atau sales memasarkan produk tersebut.

  • Sumber daya manusia

Karyawan sebagai pihak yang terlibat dalam proses pembuatan produk juga mempengaruhi diferensiasi produk. Bagaimana budaya kerja yang tercipta, peningkatan keahlian karyawan, dan lain sebagainya berpengaruh terhadap kemampuan karyawan untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam rangka melakukan diferensiasi produk secara efektif dan optimal.

  • Image atau citra perusahaan

Dan yang tidak kalah penting dalam diferensiasi produk adalah citra perusahaan yang terbentuk dalam pandangan masyarakat umum selaku calon konsumen. Seperti merek dan logo perusahaan yang lebih mudah diingat atau karakter perusahaan tersebut dalam menciptakan produk-produk yang dikenal memiliki daya tarik atau nilai lebih.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diferensiasi produk dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian diferensiasi produk secara umum ya ! Baca juga pengertian dinamika politik 🙂