1. Pengertian diferensiasi ras dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diferensiasi ras ?
  3. Apa arti diferensiasi ras ? Apa itu diferensiasi ras ?
  4. Apa contoh diferensiasi ras ?

Pengertian Diferensiasi Ras Menurut Para Ahli


Arti diferensiasi ras adalah :

Pengertian diferensiasi ras adalah diferensiasi yang didasarkan pada morfologis atau ciri-ciri lahir seseorang yang diturunkan (genotip & fenotip) serta ciri fenotip kuantitatif (seperti bentuk kepala, ukuran badan, bentuk hidung) dan ciri kualitatif (seperti jenis rambut, warna kulit dan warna mata) ( Roni Sulistyoni, M.Pd dkk : 2018)

Definisi diferensiasi ras adalah pengelompokan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik bawaan yang sama. Ras terbagi dalam 3 kelompok yaitu ras mongoloid, ras negroid dan ras kaukasoid. (Santi Sari Dewi, M. Pd. : 2018)

Pengertian diferensiasi ras adalah pengelompokan masyarakat berdasarkan ciri-ciri fisiknya, bukan berdasarkan budayanya. (Yulia Darmawaty, S.Pd & ‎Drs. H. Achmad Djamil : 2011) 


Dalam kehidupan sosial bermasyarakat perbedaan merupakan sesuatu yang tidak dapat kita hindari. Mulai dari perbedaan ciri fisik, jenis kelamin, suku bangsa, budaya, pekerjaan, hingga agama membedakan antara satu orang dengan yang lain.

Ini merupakan hal yang wajar dan anugerah dari Tuhan. Dengan begitu banyak perbedaan kita dapat mengenal berbagai jenis orang dengan latar belakang berbeda dan membuat kita semakin dewasa untuk bersikap terhadap orang atau kelompok yang berbeda. Perbedaan ini tidak lantas membuat satu orang atau kelompok lebih tinggi dari orang atau kelompok lain.

Perbedaan ini hanya menimbulkan kelompok-kelompok dalam masyarakat secara horizontal yang menunjukkan tingkat keragaman dalam masyarakat yang disebut dengan diferensiasi sosial.

Diferensiasi sosial yang timbul dalam masyarakat yang didasarkan pada perbedaan ciri-ciri fisik yang dimiliki seseorang disebut dengan diferensiasi ras. Bagaimana seseorang dikategorikan ke dalam ras tertentu berdasarkan persamaan ciri fisik yang secara umum merupakan kekhasan yang dimiliki ras tersebut.

Melalui ciri fisik seperti warna kulit, bentuk wajah, postur tubuh, bentuk bibir, bentuk dan warna mata, bentuk hidung, bentuk dan warna rambut, dan lain sebagainya kita dapat mengetahui dari ras mana seseorang berasal.

Contohnya orang dair ras negroid memiliki ciri kulit hitam, bibir tebal, dan rambut keriting, sementara ras mongoloid yang sebagian besar banyak tinggal di Asia memiliki ciri-ciri rambut hitam dan lurus, mata sipit, serta postur tubuh lebih kecil dan pendek daripada ras lain seperti ras kaukasoid.

Diferensiasi ras menunjukkan keragaman manusia berdasarkan ciri fisiknya sehingga sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan, keunggulan, atau tingkatan dalam kehidupan dimana satu ras merasa lebih tinggi dari yang lain. Meskipun demikian masih saja banyak orang yang menganggap rasnya lebih baik dan lebih unggul daripada ras lain sehingga tidak jarang timbul beragam konflik atas nama perbedaan ras.

Bahkan pada zaman dulu sempat terjadi diskriminasi terhadap ras kulit hitam sehingga kebanyakan mereka dijadikan budak oleh ras kulit putih. Meskipun demikian keanekaragaman dan diferensiasi ras merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Tidak bisa dibayangkan betapa membosankannya jika hanya ada satu jenis ras di muka bumi ini dimana semua orang memilliki ciri fisik yang kurang lebih sama.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diferensiasi ras dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh diferensiasi sosial berdasarkan perbedaan ras secara umum ya ! Baca juga pengertian diferensiasi produk dan contohnya 🙂