1. Pengertian dinamika kelompok sosial dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan dinamika kelompok sosial ?
  3. Apa arti dinamika kelompok sosial ? Apa itu dinamika kelompok sosial ?
  4. Apa saja faktor pendorong dinamika kelompok sosial itu ?
  5. Apa yang menyebabkan terjadinya dinamika kelompok sosial ?

Pengertian Dinamika Kelompok Sosial Menurut Para Ahli


Arti dinamika kelompok sosial adalah :

Pengertian dinamika kelompok sosial adalah suatu hubungan kelompok-kelompok sosial yang mana tingkah laku dalam kelompok tersebut merupakan hasil interaksi yang dinamis antara individu-individu dalam situasi sosial tertentu. Di dalam kehidupan kelompok ini terjadi pembentukan norma, struktur, rasa memiliki, solidaritas dan internalisasi. (Floyd D dalam buku Psycology and Life)

Definisi dinamika kelompok sosial adalah suatu bentuk interaksi antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya yang pada umumnya memiliki hubungan psikologis secara jelas dan hubungan tersebut bisa juga didasarkan atas suatu kriteria tertentu. (Yulia Darmawaty, S.Pd & ‎Drs. H. Achmad Djamil : 2011) 


Berbagai persamaan dan perbedaan antara individu yang satu dengan yang lain memunculkan berbagai kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat yang mengelompokkan beberapa individu yang merasa memiliki persamaan ke dalam kelompok yang sama.

Bisa persamaan ras, agama, profesi, tujuan, nilai-nilai yang dianut, dan lain sebagainya. Sehingga ada begitu banyak kelompok sosial yang kita temui di masyarakat, seperti kelompok arisan, kelompok pengajian, perkumpulan orang dari suku tertentu, asosiasi profesi tertentu, dan lain sebagainya.

Sebagai makhluk sosial, individu-individu pada suatu kelompok maupun yang berbeda kelompok saling berhubungan dan saling ketergantungan sehingga menimbulkan perubahan dan perkembangan dalam tubuh kelompok tersebut yang disebut dengan dinamika kelompok sosial.

Contohnya keeratan hubungan antar anggota kelompok turut menentukan persatuan kelompok tersebut. Jika hubungan para anggotanya terjalin erat dan harmonis serta memiliki tujuan yang sama sesuai dengan cita-cita kelompok maka akan terjalin persatuan yang kuat dalam kelompok tersebut. Sebaliknya jika sering terjadi percekcokan antar anggota kelompok atau masing-masing anggota kelompok memiliki tujuan yang berbeda maka bisa terjadi perpecahan dalam kelompok tersebut.

Ada beberapa aspek yang dikaji dalam dinamika kelompok sosial diantaranya :

  • Persatuan

Persatuan kelompok merupakan hal penting dan utama yang harus dijaga. Kekuatan persatuan anggota kelompok dapat dilihat dari sikap yang mereka tunjukkan seperti kedekatan dan kepedulian antar anggota kelompok dan nilai-nilai yang dianut dalam kelompok tersebut

  • Motif

Motif atau dorongan pada masing-masing anggota kelompok dapat dinilai dari kepedulian dan perhatian mereka terhadap kelompok, seperti kelangsungan dan persatuan kelompok, tujuan bersama, dan bagaimana orientasi diri mereka di dalam kelompok

  • Struktur

Meliputi bentuk kelompok, hubungan dan kedudukan para anggota kelompok, serta pembagian tugas masing-masing anggota

  • Pimpinan

Sebagai sosok yang diikuti dan dipatuhi dalam kelompok, masalah pimpinan seperti metode, bentuk, dan sistem kepemimpinan yang dianut pemimpin kelompok menjadi salah satu aspek yang perlu dikaji dalam dinamika kelompok sosial

  • Perkembangan kelompok

Karena bersifat dinamis, kelompok sosial tidak lepas dari berbagai perubahan dan perkembangan sehingga hal ini menjadi salah satu aspek penting yang dipelajari dalam dinamika kelompok sosial. Apa penyebab terjadinya perpecahan, bagaimana memperkuat keinginan masing-masing anggota untuk tetap di dalam kelompok, dan lain sebagainya.

Apa saja faktor pendorong dinamika kelompok sosial itu ? Adapun yang menyebabkan terjadinya dinamika kelompok sosial adalah sebagai berikut :

  • Adanya konflik antaranggota kelompok yang memicu keretakan serta berubahnya pola hubungan sosial
  • Adanya perbedaan kepentingan
  • Adanya perbedaan paham karena yang berbeda paham cenderung akan memisahkan diri dari yang lainnya
  • Adanya perubahan situasi politik dan elit politik
  • Adanya perubahan situasi sosial
  • Adanya perubahan situasi ekonomi

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dinamika kelompok sosial dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian dinamika kelompok sosial secara umum ya ! Baca juga pengertian leadership dalam manajemen 🙂