1. Pengertian disiplin belajar menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan disiplin belajar ?
  3. Apa arti disiplin belajar ? Apa itu disiplin belajar ?
  4. Apa manfaat disiplin belajar ? Apa tujuan disiplin belajar ?

Pengertian Disiplin Belajar Menurut Para Ahli


Arti disiplin belajar adalah :

Definisi disiplin belajar adalah suatu kesadaran diri untuk mengontrol atau mengendalikan dirinya untuk bersungguh-sungguh dalam belajar. (Peter garlans sina : dalam buku The Inspiration of Learning)

Pengertian disiplin belajar adalah seperangkat teknik dan teori yang harus dikuasai serta dipraktekkan, sebagai jalur pengembangan seseorang untuk memperoleh suatu kompetensi tertentu. Penguasaan ini dilakukan melalui proses belajar dan latihan. (Sudarsono H. : 2003)

Pengertian disiplin belajar adalah suatu disiplin diri, yang merupakan prasyarat utama untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Tanpa disiplin yang kuat maka kegiatan belajar hanya akan menjadi suatu aktivitas yang kurang bernilai, tanpa mempunyai target dan makna apa-apa. (Dr. Ahmad Susanto, M.Pd. : 2018)


Belajar merupakan proses yang tidak dapat dilepaskan dari manusia. Mulai dari lahir, sepanjang hidup, hingga akhirnya meninggal dunia manusia selalu belajar. Baru lahir, kita mulai belajar mendengar berbagai suara, belajar merasakan berbagai sentuhan, belajar mengenali wajah orang-orang terdekat. Bertambah besar, kita mulai belajar duduk, merangkak, hingga berjalan.

Masuk sekolah, kita belajar mengenali huruf dan angka, dilanjutkan dengan mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Setelah lulus sekolah dan bekerja bukan berarti proses belajar selesai. Perjalanan hidup dan pengalamannya mengajarkan kita berbagai hal-hal baru mengenai kehidupan. Begitu seterusnya, semakin dewasa semakin banyak hal yang kita pelajari.

Dalam mempelajari sesuatu ada cara dan aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan agar proses belajar mencapai keberhasilan. Oleh karena itu diperlukan sikap mental untuk patuh dan taat terhadap aturan-aturan dalam belajar yang disebut dengan disiplin belajar, bagaimana seseorang yang sedang mempelajari sesuatu dapat mengendalikan dirinya untuk mengikuti semua aturan sehingga keberhasilan belajar dapat dicapai.

Istilah disiplin belajar identik dengan disiplin dalam proses belajar di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Contohnya mematuhi aturan jam masuk dan jam pulang sekolah, aturan pakaian seragam sesuai dengan harinya, aturan bersikap di dalam kelas, aturan bersikap terhadap teman, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian pada dasarnya semua jenis pembelajaran membutuhkan sikap disiplin agar mencapai kesuksesan. Contohnya belajar menjahit secara otodidak melalui internet, jika tidak dilakukan dengan disiplin seperti belajar ketika mood sedang baik saja atau ketika belajar menyambilkan dengan bermain sosial media maka proses belajarnya juga tidak akan berhasil.

Disiplin dalam belajar bertujuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Contohnya disiplin mengenai jam masuk sekolah, jika para siswa tidak mematuhi aturan ini maka proses belajar tidak akan maksimal karena sebagian siswa yang datang terlambat akan ketinggalan proses belajar sehingga mereka tidak memahami dengan baik apa yang diajarkan.

Pada awalnya disiplin dalam belajar memang terasa berat namun seiring waktu dan latihan terus-menerus disiplin belajar akan menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri seseorang yang berdampak positif bagi dirinya di masa mendatang.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian disiplin belajar menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian disiplin belajar siswa secara umum ya ! Baca juga pengertian lumut kerak dan contohnya 🙂