1. Pengertian disiplin diri dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan disiplin diri ?
  3. Apa arti disiplin diri ? Apa itu disiplin diri ?
  4. Apakah penting menerapkan disiplin diri jelaskan !

Pengertian Disiplin Diri Menurut Para Ahli


Arti disiplin diri adalah :

Pengertian disiplin diri adalah suatu kemampuan untuk membuat diri Anda melaksanakan apa yang semestinya harus dilaksanakan, tidak peduli hal tersebut adalah hal yang Anda sukai ataupun tidak. (Abu Aly : 2015)

Definisi disiplin diri adalah sebuah jembatan bagi Anda untuk mencapai suatu kemungkinan hasil tertinggi dan terbaik yang merupakan hal penting dalam mengisi hidup. Disiplin ini memang diperlukan usaha, kemauan, dan juga pengorbanan. Tapi ingat, sekali lagi semua itu bukan hukuman melainkan sebuah jembatan menuju kesuksesan. (Nunik Handrini : 2015) 


Disiplin merupakan sikap terpuji yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin berhasil dalam setiap hal. Bekerja, belajar, mengurus anak, menjadi atlet, dan lain sebagainya membutuhkan sikap disiplin untuk mencapai keberhasilan.

Urusan mandi saja jika tidak disiplin dalam pelaksanaannya bisa menyebabkan seseorang jatuh sakit, misalnya jika tidak disiplin mandi sore sehingga mandi sorenya diundur hingga malam yang akibatnya kurang baik bagi kesehatan.

Pokok utama dalam disiplin adalah kemampuan mengendalikan diri untuk mematuhi aturan yang telah dibuat atau disepakati meskipun terkadang banyak godaan untuk melanggar aturan tersebut seperti rasa malas, mengantuk, dan lain sebagainya.

Ada begitu banyak jenis disiplin yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, ada disiplin dalam bekerja, disiplin dalam belajar, disiplin sosial, disiplin nasional, dan lain-lain. Namun yang paling penting dari semua itu adalah disiplin diri, yaitu sikap mental seseorang dalam mengendalikan dirinya sendiri untuk mematuhi berbagai peraturan yang melekat pada dirinya pribadi.

Disiplin diri adalah muara dari semua jenis disiplin karena untuk mampu bersikap disiplin dalam ruang lingkup yang lebih luas seseorang harus mampu mendisiplinkan dirinya sendiri. Contohnya agar seseorang mampu disiplin dalam bekerja dengan mematuhi semua peraturan di tempatnya bekerja diperlukan disiplin dalam dirinya pribadi untuk mematuhi semua peraturan tersebut.

Jika secara pribadi tidak ada kesadaran dalam dirinya untuk berdisiplin maka seperti apapun hukuman yang menanti tidak akan membuatnya patuh pada peraturan.

Untuk melatih disiplin diri diperlukan latihan terus-menerus sehingga disiplin menjadi kebiasaan dan bukan kewajiban atau beban. Yakinlah bahwa dengan latihan berdisiplin secara konsisten maka disiplin akan menjadi sikap mental yang melekat dalam diri seseorang.

Seseorang yang telah mampu melakukan disiplin diri maka lebih mudah baginya untuk berdisiplin dalam berbagai hal seperti disiplin dalam bekerja dan belajar karena disiplin telah menjadi kebiasaan yang melekat dalam dirinya. Ia berdisiplin bukan karena perintah dan takut pada hukuman namun karena kesadaran bahwa aturan yang dibuat bertujuan demi kebaikan dan tercapainya tujuan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian disiplin diri dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian disiplin diri secara umum ya ! Baca juga pengertian disiplin belajar menurut para ahli 🙂