1. Pengertian disiplin kerja itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan disiplin kerja ?
  3. Apa arti disiplin kerja ? Apa itu disiplin kerja ?
  4. Apa manfaat disiplin kerja ?
  5. Apa contoh disiplin kerja ?

Pengertian Disiplin Kerja Menurut Para Ahli


Arti disiplin kerja adalah :

Pengertian disiplin kerja adalah memberlakukan tata tertib dan peraturan kerja dengan menanamkan norma serta etika kerja sehingga tercipta suasana kerja yang aman, tertib, tenang, dan menyenangkan yang akan menunjang tercapainya produktivitas dan efisiensi kerja yang optimal. (Sindu Mulianto : 2006)

Definisi disiplin kerja adalah suatu peraturan atau tata tertib yang dibuat oleh manajemen suatu organisasi, disahkan oleh pemilik modal atau dewan komisaris, disepakati oleh serikat pekerja dan diketahui oleh Dinas Tenaga Kerja seterusnya orang-orang yang tergabung dalam organisasi tersebut tunduk pada tata tertib yang ada dengan rasa senang hati, sehingga tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. (Pandi Afandi : 2016)

Pengertian disiplin kerja adalah suatu sikap kejiwaan seseorang atau kelompok yang senantiasa berkehendak untuk mematuhi atau mengikuti segala peraturan yang telah ditentukan. (Muhamamad Busro : 2018)


Manusia tidak dapat lepas dari berbagai pekerjaan untuk memenuhi beragam keperluan baik keperluan dirinya sendiri maupun orang lain yang berada dalam tanggungannya.

Seperti membersihkan rumah, ini merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan rasa nyaman untuk tinggal di suatu tempat. Pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri atau didelegasikan kepada orang lain, tentu saja dengan sejumlah imbalan.

Begitu pula bekerja di luar rumah seperti berburu, bertani, berdagang atau bekerja untuk orang lain dengan tujuan memenuhi kebutuhan akan makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya.

Agar pekerjaan yang dilakukan mencapai keberhasilan perlu adanya pengetahuan, keahlian, serta yang tidak kalah penting yaitu disiplin. Setiap pekerjaan memiliki aturan masing-masing baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang tujuannya satu yaitu agar pekerjaan yang dilakukan mencapai keberhasilan.

Oleh karena itu diperlukan disiplin kerja yang merupakan sikap mental seseorang  dalam bekerja yang ditunjukkan melalui perbuatan dan tingkah laku untuk mematuhi segala aturan kerja sehingga pekerjaan tersebut berhasil sesuai atau bahkan melebihi tujuan yang telah ditetapkan.

Istilah disiplin kerja cenderung digunakan di lingkungan kerja pegawai atau karyawan. Dimana setiap perusahaan atau instansi memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh para pekerjanya. Seperti aturan jam masuk dan jam pulang, seragam yang digunakan, prosedur dalam bekerja, cara melayani konsumen, dan lain sebagainya yang semuanya bertujuan agar pekerjaan yang dilakukan mencapai keberhasilan.

Disiplin kerja yang dilaksanakan oleh para pekerja dapat bersifat positif atau negatif. Positif dalam artian jika disiplin kerja yang tertanam dalam diri pekerja disebabkan oleh adanya kesadaran dalam diri mereka bahwa aturan tersebut memang harus dipatuhi karena memang bertujuan bagi kebaikan pekerjaan.

Namun ada pula disiplin kerja yang bersifat negatif yang didasari oleh rasa takut akan konsekuensi yang akan diterima jika tidak menaati aturan. Hal ini tentu tidak baik karena menimbulkan perasaan negatif pada diri pekerja serta biasanya tidak bertahan lama dan tidak menjadi kebiasaan yang melekat di dalam diri. Suatu waktu bisa berubah, seperti jika ada kesempatan dan berpotensi tidak akan ketahuan pekerja tersebut bisa saja melakukan pelanggaran aturan.

Meskipun demikian pada dasarnya setiap pekerjaan memerlukan disiplin kerja dalam pelaksanaannya. Seperti membersihkan rumah, jika seseorang tidak menerapkan disiplin kerja ketika mengerjakannya maka tujuan pekerjaan tersebut yaitu rumah menjadi bersih tidak akan tercapai dengan baik.

Misalnya aturan tidak tertulis mengenai mencuci piring setiap habis makan, jika hal ini tidak dilaksanakan maka piring kotor akan menumpuk dan rumah terlihat kotor sehingga tujuan pekerjaan tidak tercapai.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian disiplin kerja menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian disiplin kerja secara umum ya ! Baca juga pengertian disiplin diri & pengertian disiplin belajar 🙂