1. Pengertian diskriminasi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diskriminasi dan berikan contohnya ?
  3. Apa arti kata diskriminasi ? Apa itu diskriminasi ?
  4. Sebutkan contoh diskriminasi yang masih terjadi di kehidupan sehari hari !
  5. Sebutkan contoh diskriminasi yang masih sering terjadi di masyarakat !

Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli


Arti diskriminasi adalah :

Pengertian diskriminasi adalah suatu perilaku atau pemberian pertimbangan, atau perbuatan yang membedakan atau yang melawan kebiasaan kepada seseorang atau kepada sesuatu yang berdasarkan pada kelompok, kelas, atau kategori darimana seseorang atau sesuatu terbsebut dianggap milik individu atau kelompok. (Alo Liliweri : 2018)

Definisi diskriminasi adalah belajar memberikan respons terhadap suatu stimulus dan tidak memberikan respons terhadap stimulus lain, walaupun stimulus itu berhubungan dengan stimulus pertama. (Sri Esti. W Djiwandon : 1989) 


Ada yang pernah mengalami diskriminasi? Selama ini kita mungkin berpikir bahwa diskriminasi hanya terjadi pada zaman dahulu, zaman sekarang dimana hak asasi manusia sudah sangat dihargai bahkan dilindungi oleh hukum ternyata masih juga terjadi berbagai bentuk diskriminasi.

Contohnya saja diskriminasi yang dialami oleh ODHA (orang dengan hiv aids) yang dalam kehidupan sosial dijauhi dan dikucilkan oleh lingkungan sekitar, bahkan ada yang bersalaman pun tidak mau dengan mereka karena takut tertular. Padahal seperti yang diketahui bahwa penularan hiv/aids tidak semudah itu, sekedar berjabat tangan dan berbicara tidak akan menyebabkan seseorang tertular hiv/aids.

Segala bentuk pembedaan perlakuan atau pelayanan terhadap individu atau kelompok tertentu dapat digolongkan kepada diskriminasi. Diskriminasi terhadap individu atau kelompok biasanya didasarkan pada atribut-atribut yang melekat padanya seperti gender, ras, suku, agama, warna kulit, dan lain sebagainya yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan perlakuan atau pelayanan yang diberikan.

Seperti diskriminasi terhadap orang kulit hitam yang terjadi pada zaman dulu di Amerika dimana perlakuan terhadap etnis kulit hitam dan kulit putih yang sangat jauh berbeda dalam segala bidang. Dapat kita lihat bahwa diskriminasi tersebut didasarkan pada warna kulit, atribut yang melekat pada diri seseorang yang tidak seharusnya menjadi dasar diskriminasi. Padahal warna kulit sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan, etika, moral, atau hal lainnya.

Diskriminasi dapat digolongkan kepada dua jenis yaitu diskriminasi langsung dan tidak langsung. Diskriminasi langsung yaitu diskriminasi yang jelas-jelas legal sesuai dengan hukum, kebijakan, atau peraturan yang berlaku sehingga menghambat peluang seseorang atau membedakan perlakuan yang ia terima.

Contohnya sebuah restoran mahal yang mensyaratkan pengunjung harus menggunakan pakaian formal, berjas bagi laki-laki dan gaun bagi wanita. Sementara diskriminasi tidak langsung merupakan diskriminasi yang terjadi di lapangan meskipun peraturan atau hukumnya tidak menyebutkan demikian atau netral.

Contohnya perlakuan yang tidak adil oleh sebagian pengelola parkir dimana mereka lebih mengutamakan mobil-mobil mewah daripada mobil-mobil ‘butut’ padahal berdasarkan peraturan semua pelanggan harus diperlakukan sama.


Itulah penjelasan singkat tentang diskriminasi dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian apa yang dimaksud dengan diskriminasi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian disiplin kerja 🙂