1. Pengertian diskriminasi gender dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diskriminasi gender dan contohnya ?
  3. Apa arti diskriminasi gender ? Apa itu diskriminasi gender ?
  4. Apa pengertian diskriminasi gender secara langsung ?
  5. Apa contoh diskriminasi gender dalam pekerjaan ?

Pengertian Diskriminasi Gender Menurut Para Ahli


Arti diskriminasi gender adalah :

Pengertian diskriminasi gender adalah suatu perbedaan, pembatasan atau pengecualian yang dibuat berdasarkan peran dan norma gender yang dikonstruksikan secara sosial yang bertujuan untuk mencegah seseorang menikmati hak asasi manusia secara penuh. (Nurrobikha dan Asmawati Burhan : 2018)

Definisi diskriminasi gender adalah bentuk ketidakadilan gender yang merupakan akibat dari adanya sistem struktur sosial dimana salah satu jenis kelamin (laki-laki ataupun perempuan) menjadi korban. Hal ini terjadi dikarenakan adanya keyakinan serta pembenaran yang ditanamkan sepanjang peradaban sejarah manusia dalam berbagai bentuk dan cara yang menimpa kedua belah pihak, walaupun pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari lebih banyak dialami oleh perempuan. (Ida Fauziyah : 2015)


Laki-laki dan perempuan diciptakan berbeda. Masing-masing memiliki perbedaan, mulai dari perbedaan fisik, peran, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Contohnya secara fisik laki-laki lebih kuat dari perempuan sehingga tanggung jawab mencari nafkah ada di pundak laki-laki, di sisi lain perempuan diciptakan sebagai makhluk lembut yang penuh kasih sayang sehingga bertanggung jawab melahirkan dan merawat anak.

Perbedaan inilah yang membuat mereka saling melengkapi sehingga suatu hubungan perkawinan menjadi utuh dan bahagia.

Meskipun berbeda namun sebagai manusia keduanya memiliki hak-hak dasar yang sama, seperti hak untuk mendapat pendidikan dan mengeluarkan pendapat. Seorang perempuan juga berhak mendapat pendidikan yang baik agar ia dapat mengurus rumah tangga dan mendidik anak dengan baik, bagaimana kita dapat mengharapkan generasi penerus yang berkualitas baik jika para ibu mereka sebagai pendidik pertama tidak dibekali dengan pendidikan yang baik.

Namun sayangnya masih banyak kita temui pembedaan perlakuan dan tindakan terhadap seseorang didasarkan pada perbedaan gender atau jenis kelamin yang disebut dengan diskriminasi gender. Bagaimana dalam berbagai bidang kehidupan masih banyak kita temui perbedaan perlakuan yang diterima seseorang karena status gendernya.

Contohnya dalam bidang pendidikan, pada zaman yang sudah sedemikian maju seperti saat sekarang masih saja ada kelompok masyarakat dimana kaum perempuannya tidak mendapatkan akses pendidikan yang baik hanya karena pandangan yang melekat pada masyarakat tersebut bahwa perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karena tugasnya hanya di dalam rumah.

Selain pendidikan, dalam bidang pekerjaan kaum perempuan juga banyak mengalami tindakan diskriminatif dimana mereka dianggap tidak sekompeten laki-laki dan hanya cocok untuk pekerjaan-pekerjaan ‘mudah’ seperti menjadi resepsionis dan sekretaris.

Padahal jika diberikan kesempatan perempuan juga tidak kalah kompeten dari laki-laki. Buktinya banyak perusahaan-perusahaan besar yang para pimpinannya adalah perempuan, pengusaha-pengusaha perempuan yang berhasil membangun usaha yang sukses, bermunculannya ilmuan-ilmuan perempuan, dan lain sebagainya.

Sehingga setiap orang harus menyadari bahwa tindakan diskriminatif yang didasarkan pada perbedaan gender harus dihilangkan. Kaum perempuan harus mendapatkan hak-haknya sebagaimana laki-laki sehingga mereka dapat berkembang dan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas. Dan di sisi lain perempuan juga tidak boleh melupakan kodratnya sebagai istri dan ibu, jangan mentang-mentang diberi kebebasan dan keleluasaan sehingga melupakan kewajiban utamanya. Harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diskriminasi gender dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh diskriminasi gender dalam kehidupan sehari-hari secara umum ya ! Baca juga pengertian diskriminasi dan contohnya 🙂