1. Pengertian diskriminasi harga dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diskriminasi harga ?
  3. Apa arti diskriminasi harga ? Apa itu diskriminasi harga ?
  4. Pengertian diskriminasi harga dan tujuannya itu apa ?
  5. Apa pengertian diskriminasi harga dalam pasar monopoli ?

Pengertian Diskriminasi Harga Menurut Para Ahli


Arti diskriminasi harga adalah :

Definisi diskriminasi harga adalah suatu cara yang dilakukan oleh seorang monopolis dalam menjual suatu barang yang jenisnya sama dengan tingkat harga yang berbeda-beda, pada waktu yang bersamaan. (Tri Kunawangsih & Antyo Pracoyo : 2006)

Pengertian diskriminasi harga adalah suatu tindakan dalam penetapan harga barang yang berbeda untuk suatu negara dengan negara lainnya. Untuk barang yang jenisnya sama, harga untuk suatu negara tertentu bisa lebih mahal ataupun lebih murah daripada negara lainnya. Hal ini dilakukan atas dasar perjanjian atau dalam rangka perang tarif. (Drs. Alam S., MM : 2006) 


Istilah diskriminasi tidak selamanya bermakna negatif dan melanggar hak asasi manusia. Ada diskriminasi yang memang diperbolehkan yaitu diskriminasi harga yang merupakan pembedaan harga suatu barang atau jasa yang sama kepada kelompok pelanggan atau pasar yang berbeda. Sehingga satu jenis barang atau jasa memiliki keragaman harga tergantung kelompok pembeli atau segmen pasarnya dimana hal ini tidak ada kaitannya dengan masalah biaya.

Contohnya listrik yang kita beli dari PLN (Perusahaan Listrik Negara). Ada diskriminasi harga yang ditetapkan PLN dimana pelanggan industri dan komersil dikenakan tarif dasar listrik yang lebih tinggi daripada pelanggan rumah tangga. Selain itu tarif dasar listrik pelanggan rumah tangga masih dibedakan lagi berdasarkan daya listrik yang terpasang, ada yang 450 VA, 900 VA, 1300 VA, dan lain sebagainya. Setiap jenis daya listrik tersebut memiliki perbedaan tarif dasar listrik, semakin besar dayanya maka semakin mahal pula tarif dasar listrik per kWh-nya.

Ada beberapa bentuk stratifikasi yang dilakukan perusahaan dalam menetapkan diskriminasi harga yaitu :

  • Harga barang atau jasa yang semata-mata ditetapkan penjual tanpa stratifikasi apapun dimana konsumen harus membayar sesuai dengan harga yang disebutkan penjual untuk mendapatkan suatu barang atau jasa. Contohnya penjualan berlian, penjualan suvenir di tempat wisata, dan lain-lain
  • Harga barang atau jasa yang ditetapkan berdasarkan jumlah pembelian dimana semakin tinggi jumlah pembelian semakin murah harga barang atau jasa tersebut. Contohnya barang yang dibeli secara grosir dalam partai besar harganya lebih murah daripada barang yang dibeli eceran
  • Harga barang atau jasa yang ditetapkan berdasarkan stratifikasi atau kelompok pembeli. Contohnya tarif bus kota yang lebih murah khusus untuk kelompok pelajar dan orang tua.

Dengan melakukan diskriminasi harga produsen dapat memaksimalkan laba yang diperoleh karena menetapkan harga sesuai dengan kondisi dan kemampuan konsumen serta meningkatkan kesetiaan pelanggan dimana pelanggan merasa dikenai harga yang sesuai dengan kemampuannya.

Meskipun demikian sebelum memberlakukan diskriminasi harga produsen harus mempertimbangkan beberapa hal seperti sifat barang dan jasa yang dijual apakah memungkinkan untuk melakukan diskriminasi harga, apakah diskriminasi harga yang diberlakukan memerlukan tambahan biaya yang bahkan melebihi keuntungan yang didapatkan, dan lain sebagainya sehingga keputusan untuk memberlakukan diskriminasi harga dapat terlaksana dan berhasil sesuai harapan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diskriminasi harga dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian diskriminasi harga pada pasar monopoli serta dampaknya secara umum ya ! Baca juga pengertian diskriminasi gender 🙂