1. Pengertian diskriminasi sosial dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diskriminasi sosial ?
  3. Apa arti diskriminasi sosial ? Apa itu diskriminasi sosial ?
  4. Apa contoh diskriminasi sosial di masyarakat ?

Pengertian Diskriminasi Sosial Menurut Para Ahli


Arti diskriminasi sosial adalah :

Pengertian diskriminasi sosial adalah suatu tindakan yang melakukan pembedaan terhadap seseorang ataupun sekelompok orang berdasarkan suku, agama, ras, kelompok, etnis, golongan, status, kelas sosial ekonomi, kondisi fisik tubuh, jenis kelamin, pandangan ideologi, kebangsaan dsb. (Sarinah : 2016) 


Perbedaan merupakan sesuatu yang lumrah. Mulai dari lingkungan keluarga saja kita sudah mendapati berbagai perbedaan, seperti kakak kita berkulit putih sementara kita berkulit kuning, atau kakak kita sangat pintar dalam bidang akademis namun kita lebih berbakat dalam dunia seni.

Semakin luas ruang lingkup sosial yang kita masuki maka akan semakin banyak perbedaan yang kita temui, baik perbedaan agama, keturunan, pendidikan, kekayaan, dan lain sebagainya.

Sepatutnya perbedaan ini membuat kita saling mengenal dan mengisi kekurangan masing-masing namun sayangnya sebagian justru menimbulkan tindakan atau perlakuan diskriminatif yang dilakukan satu orang atau kelompok kepada orang atau kelompok lain.

Contohnya masih sering kita temui perlakuan berbeda yang diberikan pegawai rumah makan kepada pengunjungnya berdasarkan kekayaan mereka. Orang-orang kaya yang datang dengan baju bagus dan kendaraan mewah cenderung dilayani lebih baik daripada orang-orang miskin padahal keduanya sama-sama pelanggan yang seharusnya mendapat pelayanan yang sama.

Pembedaaan perlakuan atau pelayanan terhadap anggota masyarakat berdasarkan kedudukan atau status sosial seperti pekerjaan, pangkat dan jabatan, kekayaan, pendidikan, keturunan, dan lain sebagainya disebut dengan diskriminasi sosial.

Padahal kita sama-sama tahu bahwa status sosial bukanlah penentu apakah seseorang lebih baik dari orang lain, ia hanyalah atribut yang melekat pada seseorang yang sebagian dibawa sejak lahir.

Seperti keturunan, sebagai manusia kita tentu tidak bisa menentukan akan dilahirkan dari keluarga ningrat yang kaya raya atau keluarga biasa-biasa saja. Sehingga sudah sepatutnya kita menyadari bahwa diskriminasi berdasarkan status sosial tidak dapat dibenarkan.

Diskriminasi sosial hanya akan menyebabkan semakin besarnya kecemburuan sosial dalam masyarakat sehingga mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih lagi Indonesia sebagai negara yang sangat luas dengan jumlah penduduk yang besar memiliki tingkat keragaman yang sangat tinggi, perlu adanya kesadaran setiap orang untuk menjauhi tindakan diskriminasi agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga.

Diskriminasi hanya dapat hilang atau dikurangi dengan kesadaran setiap anggota masyarakat bahwa setiap manusia memiliki hak asasi yang sama tidak peduli status sosialnya sehingga mereka harus saling menghargai dan menghormati hak dan kewajiban masing-masing.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian diskriminasi sosial dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh diskriminasi sosial secara umum ya ! Baca juga pengertian diskriminasi harga dan contohnya 🙂