1. Pengertian diskriminatif dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan diskriminatif ?
  3. Apa arti kata diskriminatif ? Apa itu diskriminatif ?
  4. Apa pengertian diskriminasi langsung dan tidak langsung ?

Pengertian Diskriminatif Menurut Para Ahli


Arti diskriminatif adalah :

Setiap orang memiliki pengertian dan defenisi sendiri terkait diskriminatif. Secara umum pengertian diskriminatif adalah segala sesuatu yang bersifat diskriminasi atau membeda-bedakan antara satu dengan lainnya. Pengertian diskriminasi adalah suatu keadaan timpang atau perilaku yang tidak adil terhadap salah seorang individu. Dikatakan tidak adil karena adanya spesialisasi atau keistimewaan tersendiri yang hanya ditujukan pada salah seorang saja bukan keduanya.

Hal yang demikian sering sekali kita jumpai di dalam masyarakat. Ketika seseorang mulai diperlakukan secara tidak adil mungkin karena adanya perbedaan budaya dan suku, maka tindakan tersebut sudah dapat dikatakan sebagai awal mula tindak diskriminasi. Diskrimanasi dapat berupa diskriminasi terhadap suku, ras, budaya, kelamin, dan lain sebagainya.

Secara garis besar, macam macam diskriminasi terdiri dari dua kategori, yaitu:

  1. Diskriminasi langsung

Pengertian diskriminasi langsung adalah suatu tindakan yang dengan jelas dilakukan langsung merujuk, mengarah atau menyebutkan adanya perbedaan dalam kualifikasi tertentu seperti perbedaan suku, budaya, agama, dan lainnya. Contoh diskriminatif : Jangan menikah dengan orang Padang karena nada bicaranya tinggi, suka emosian, pelit dsb, padahal tidak semua orang Padang mempunyai perilaku yang demikian.

  1. Diskriminasi tidak langsung

Pengertian diskriminasi langsung adalah jenis diskriminasi yang awalnya bersifat netral, namun lama kelamaan menjadi diskriminatif saat dipraktekkan atau saat berada di lapangan.

Contoh diskriminasi:

  • Ketika orang tua masih meninggikan derajat anak laki-laki daripada perempuan saat berada di rumah. Hal ini mengakibatkan adanya perbedaan pembagian pekerjaan rumah yang dibebankan pada setiap anak. Dimana anak perempuan mendapatkan tugas lebih banyak ketimbang anak laki-laki. Atau bahkan anak laki-laki tersebut tidak bekerja sama sekali dan hanya bersantai saja.
  • Penggolongan antara ras kulit hitam dan ras kulit putih yang dulu pernah terjadi di Amerika Serikat.
  • Dalam dunia kerja, terdapat perbedaan pemberian upah atau gaji kepada salah seorang karyawan. Padahal kedua karyawan tersebut berada pada jabatan dan golongan yang sama.
  • Adanya perlakuan berbeda, dimana si A lebih diistimewakan daripada si B. Si A sering mendapat promosi yang lebih dalam hal kenaikan jabatan sedangkan si B hanya melulu berada pada posisi yang sama hingga beberapa tahun ke depan.
  • Budi beragama Islam tidak mau bergaul dengan temannya bernama Roni karena perbedaan agama yang dianut Roni yakni Nasrani.
  • Perlakuan berbeda yang dilakukan pemerintah terhadap satu daerah, dimana pemerintah hanya berfokus pada pembangunan daerah tertentu saja dan tidak melihat daerah yang lain.

Melihat perilaku diskriminatif yang saat ini sudah semakin banyak berkembang, ada baiknya jika kita meninggalkan dan mulai mengkikis hal yang demikian. Mengapa? Agar hubungan silaturahmi antara satu dengan yang lainnya erat, menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, serta lebih menghormati satu sama lain tanpa memandang adanya perbedaan walaupun sebenarnya kita berbeda baik dari suku, ras, status sosial, dan sebagainya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian diskriminatif dan contohnya. Semoga artikel pengertian diskriminatif dan contohnya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Baca juga pengertian demoralisasi 🙂