1. Pengertian distribusi pendapatan nasional itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan distribusi pendapatan ?
  3. Apa yang dimaksud distribusi pendapatan perseorangan ?
  4. Apa arti kata distribusi pendapatan ?
  5. Apa itu distribusi pendapatan ?

Pengertian Distribusi Pendapatan Menurut Para Ahli


Arti distribusi pendapatan adalah :

Pengertian distribusi pendapatan adalah suatu kondisi cerminan merata atau timpangnya pembagian hasil pembangunan atas suatu negara di kalangan penduduknya. (Dumairy : 1999)

Pengertian distribusi pendapatan nasional adalah suatu unsur penting untuk mengetahui rendah atau tingginya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan suatu negara. Distribusi pendapatan yang merata kepada masyarakat akan mampu menciptakan perubahan dan perbaikan suatu negara seperti pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran dsb. Untuk mengetahui tingkat distribusi pendapatan nasional ini bisa diketahui lewat grafik Kurva Lorenz. (Dr. Patta Rapanna, S.E., M.Si. dkk : 2017)

Pengertian distribusi pendapatan perkapita adalah besarnya distribusi pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara yang didapatkan dari hasil pembagian distribusi pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut.

Pengertian distribusi pendapatan perorangan adalah ukuran yang paling sering dipakai oleh para ekonom yang mana secara langsung menghitung jumlah penghasilan yang diterima oleh setiap individu atau rumah tangga. (Michael P. Todaro & ‎Stephen C. Smith : 2006) 


Adalah wajar jika harta dan pendapatan yang didapatkan seseorang berbeda dari yang lain. Berbagai faktor seperti modal yang dimiliki, pendidikan, keahlian, tenaga, dan lain sebagainya turut melatarbelakangi besarnya pendapatan seseorang sehingga ada orang yang kaya dan ada yang miskin. Namun jika terdapat perbedaaan yang sangat besar antara kelompok orang kaya dan orang miskin di suatu wilayah maka kita harus mewaspadai bahwa telah terjadi ketimpangan distribusi pendapatan di wilayah tersebut. Seperti sebuah wilayah yang memiliki gedung-gedung bertingkat dan pusat perbelanjaan mewah namun di sisi lain masih banyak orang-orang yang tinggal di tempat-tempat kumuh.

Apa itu distribusi pendapatan? Sesuai kata-kata pembentuknya, distribusi pendapatan merupakan penyebaran pendapatan masyarakat di suatu daerah. Apakah sebagian besar masyarakat sudah memiliki pendapatan yang baik atau hanya segelintir saja yang memiliki kekayaan selangit sementara sebagian besar yang lain masih berada di bawah garis kemiskinan. Melalui pengukuran dan perhitungan distribusi pendapatan kita dapat melihat seberapa besar populasi masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan sehingga kita dapat menilai apakah penyebaran hasil pembangunan sudah dapat dinikmati secara merata oleh seluruh masyarakat di suatu wilayah atau belum.

Lantas apakah distribusi pendapatan hanya dipengaruhi berbagai faktor pribadi yang dimiliki seseorang seperti modal dan keahlian? Tentu saja tidak. Sistem perekonomian yang dianut suatu negara turut memegang peranan penting dalam menentukan pemerataan distribusi pendapatan di negara tersebut.

Seperti sistem perekonomian kapitalis yang mengakui kepemilikan pribadi dimana setiap orang bebas berusaha sesuai kemampuannya dan mengambil keuntungan pribadi tanpa ada campur tangan pemerintah. Dengan sistem ekonomi seperti ini rawan terjadinya ketimpangan distribusi pendapatan karena tidak ada lagi peran pemerintah dalam mengatur kegiatan perekonomian. Yang terjadi adalah orang kaya semakin kaya dan orang miskin tetap atau malah semakin miskin.

Untuk itu Indonesia sebagai negara demokrasi yang salah satu prinsip dasarnya adalah kesejahteraaan sosial bagi seluruh rakyat berupaya untuk melakukan pemerataan distribusi pendapatan sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan. Sehingga tidak ada lagi jurang pemisah yang terlalu besar antara yang kaya dan yang miskin. Hal ini dilakukan salah satunya dengan menerapkan sistem ekonomi kerakyatan dimana masyarakat diberi kesempatan yang sama untuk berusaha secara aktif dengan peran pemerintah sebagai pengawas kegiatan ekonomi agar tercipta iklim usaha yang baik.


Itulah penjelasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan distribusi pendapatan dan bagaimana menentukan distribusi pendapatan tersebut. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian pendapatan perkapita dan distribusi pendapatan nasional secara umum ya ! Baca juga pengertian etika profesi 🙂