1. Pengertian doa mustajab itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan doa mustajab ?
  3. Apa arti doa mustajab ? Apa itu doa mustajab ?

Pengertian Doa Mustajab


Arti doa mustajab adalah :

Kata mustajab sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya dijawab. Kata ini telah menjadi kosakata baku dalam bahasa Indonesia yang artinya mujarab atau manjur. Dengan demikan pengertian doa mustajab adalah doa yang dipanjatkannya dapat dijawab dan dikabulkan oleh Allah SWT. 


Doa adalah suatu kegiatan yang sering kita lakukan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi ada bermacam-macam doa yang kita panjatkan baik secara lisan maupun di dalam hati.

Baru bangun tidur kita berdoa sebagai bentuk rasa syukur atas kesempatan untuk hidup kembali, mau makan kita berdoa sebagai bentuk rasa syukur karena telah diberi rezeki sehingga dapat menikmati makanan dan minuman, mau berangkat sekolah atau bekerja kita juga tidak lupa berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan agar selamat dalam perjalanan serta dapat belajar dan bekerja dengan baik. Dan masih banyak lagi doa yang kita panjatkan kepada Tuhan.

Doa tidak hanya sebagai bentuk permintaan atau permohonan hamba kepada Tuhannya namun juga sebagai bentuk pengharapan dan rasa syukur atas semua nikmat yang telah diberikan. Doa menunjukkan bahwa seorang manusia merupakan hamba Tuhan yang tidak berdaya. Sehingga dalam setiap agama kita akan menemui konsep doa ini.

Agar doa yang kita panjatkan dijawab dan diterima oleh Tuhan tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam berdoa seperti waktu berdoa, tempat memanjatkan doa, kondisi fisik dan psikis orang yang berdoa, dan lain sebagainya. Analoginya seperti kita meminta uang kepada ayah atau ibu, tentu kita perhatikan dulu kondisi mereka seperti apakah mereka sedang sibuk atau tidak. Selain itu tentu cara kita meminta juga menentukan apakah permintaan kita diterima atau tidak. Coba saja teman-teman meminta uang kepada ayah dengan suara keras dan sikap yang tidak sopan, dijamin tidak akan diberi.

Oleh karena itu dalam islam sangat diperhatikan tata cara dalam berdoa, kondisi tubuh, pakaian yang dikenakan, dan tempat berdoa yang bersih dan suci dari segala hadas dan najis. Kondisi hati yang suci dari segala sifat-sifat buruk seperti iri, dengki, dan sombong. Begitu pula dengan waktu berdoa, ada waktu-waktu khusus dan sangat baik untuk berdoa seperti setelah sholat lima waktu, ketika malam lailatul qadar, ketika bulan ramadhan, dan lain sebagainya.

Contoh doa mustajab adalah doa orang yang sedang berpuasa, doa orang yang sedang bermusafir (melakukan perjalanan jauh), dan doa orang yang teraniaya. (Hadits oleh Al-Aqili dari Abu Hurairah)


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian doa mustajab. Semoga kalian bisa mengamalkandoa mustajab ya ! Baca juga pengertian limbah tekstil 🙂