1. Pengertian dokumentasi kebidanan menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan dokumentasi kebidanan ?
  3. Apa arti dokumentasi kebidanan ?
  4. Apa itu dokumentasi kebidanan ?
  5. Apa manfaat dokumentasi kebidanan ?

Pengertian Dokumentasi Kebidanan Menurut Para Ahli


Arti dokumentasi kebidanan adalah :

Pengertian dokumentasi kebidanan adalah suatu bukti pencatatan dan pelaporan yang didasarkan pada komunikasi tertulis yang lengkap dan akurat yang dimiliki oleh bidan di dalam melakukan asuhan kebidanan. Dokumentasi kebidanan ini berguna untuk kepentingan klien, tim kesehatan, maupun kalangan bidan sendiri. (Hidayat : 2009)

Definisi dokumentasi kebidanan adalah suatu bentuk sistem pencatatan dan pelaporan informasi tentang kondisi dan perkembangan kesehatan pasien serta semua kegiatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan. (Dainty Maternity, SST., M.Keb : 2017 dalam buku Asuhan Kebidanan Komunitas) 


Selain perawat dan dokter kita juga mengenal tenaga kesehatan lainnya yaitu bidan. Berbeda dengan perawat yang bidang kerjanya adalah perawatan kesehatan pasien secara umum, bidan memiliki bidang kerja yang lebih spesifik yaitu pelayanan kesehatan ibu, kesehatan reproduksi perempuan, serta kesehatan anak.

Bidan berperan sebagai mitra perempuan dalam memberikan nasehat kesehatan dan tindakan medis yang diperlukan seperti konsultasi kehamilan, konsultasi keluarga berencana, membantu proses persalinan mulai dari prapersalinan, persalinan, hingga pascapersalinan, konsultasi mengenai perkembangan anak, pemberian imunisasi anak, konsultasi kesehatan reproduksi, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan tugasnya seorang bidan membuat dokumentasi baik dalam bentuk tertulis atau rekaman mengenai kondisi dan perkembangan pasien serta asuhan kebidanan yang dilakukannya yang disebut dengan dokumentasi kebidanan. Apa tujuan dan fungsi dokumentasi kebidanan ?

Kegiatan dokumentasi yang dilakukan tidak hanya sebatas mencatat saja namun juga termasuk memelihara dan mengkomunikasikannya kepada tenaga kesehatan lain yang berkepentingan.

Dengan adanya dokumentasi yang baik bidan dapat mengidentifikasi kondisi dan perkembangan pasien sehingga dapat diketahui tindakan medis yang diperlukan. Selain itu dokumentasi kebidanan juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengomunikasikan kondisi pasien kepada tenaga kesehatan lain, seperti ketika seorang ibu yang akan melahirkan harus dirujuk ke dokter spesialis maka dokumentasi kebidanan mengenai si ibu dapat menjadi bahan bagi dokter tersebut untuk mengambil tindakan yang tepat.

Selain itu dokumentasi kebidanan juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal lain seperti :

  • Sebagai berkas administrasi
  • Dokumentasi kebidanan merupakan dokumen resmi dan dapat digunakan dalam hal-hal yang berkaitan dengan masalah hukum. Seperti dapat menjadi barang bukti di pengadilan ketika pasien melayangkan gugatan terhadap bidan karena merasa telah dirugikan
  • Sebagai patokan dalam menghitung biaya perawatan pasien sesuai dengan tindakan-tindakan medis yang telah diberikan
  • Sebagai bahan dalam melakukan penelitian untuk perkembangan ilmu pengetahuan
  • Untuk meningkatkan kualitas asuhan bidan. Melalui dokumentasi ini bidan dapat memonitor sejauh mana perkembangan pasien dan mengevaluasi tindakan-tindakan medis yang telah diberikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan
  • Sebagai parameter untuk melihat tingkat keberhasilan bidan dalam memberikan asuhan kebidanan yang juga dapat digunakan untuk mengukur kompetensi bidan dan menentukan tingkat akreditasi.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dokumentasi kebidanan menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian dokumentasi dalam asuhan kebidanan secara umum ya ! Baca juga pengertian dokumentasi keperawatan 🙂