1. Pengertian dokumentasi keperawatan menurut para ahli itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan dokumentasi keperawatan ?
  3. Apa arti dokumentasi keperawatan ?
  4. Apa itu dokumentasi keperawatan ?
  5. Apa tujuan dokumentasi keperawatan ?
  6. Apa manfaat dokumentasi keperawatan ?

Pengertian Dokumentasi Keperawatan Menurut Para Ahli


Arti dokumentasi keperawatan adalah :

Pengertian dokumentasi keperawatan adalah catatan yang berisikan seluruh data yang dibutuhkan untuk menentukan diagnosis keperawatan, tindakan keperawatan perencanaan  keperawatan serta penilaian keperawatan yang disusun secara valid, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan secara moral maupun hukum (Ali : 2009)

Definisi dokumentasi keperawatan adalah suatu laporan baik tertulis, komunikasi secara lisan, maupun melalui komputer untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. (Kozier : 2004)

Pengertian dokumentasi keperawatan menurut nursalam adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan
oleh perawat yang terkait dengan pencatatan dan penyimpanan informasi yang lengkap dan benar, tentang keadaan pasien selama dirawat yang meliputi ketrampilan standart, ketrampilan berkomunikasi dan ketrampilan pendokumentasian proses keperawatan. (Nursalam : 2001)

Pengertian dokumentasi keperawatan adalah suatu bukti pelayanan keperawatan yang profesional yang memuat semua aspek baik pengobatan dan perawatan yang tertulis dengan teratur sehingga bisa menggambarkan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan. (Setyowaty : 2005)

Pengertian dokumentasi keperawatan menurut carpenito adalah penulisan dan pencatatan yang dilakukan oleh perawat mengenai berbagai informasi kesehatan klien termasuk data pengkajian, perencanaan, diagnosa, implementasi dan evaluasi keperawatan. (Carpenito : 1998)

Pengertian dokumentasi keperawatan komunitas adalah sintesis dari praktek keperawatan dan praktek kesehatan masyarakat yang tujuannya adalah untuk menjaga dan memelihara kesehatan komunitas & penduduk dengan berfokus pada promosi kesehatan dan pemeliharaan baik individu, keluarga ataupun kelompok komunitas.

Pengertian dokumentasi keperawatan elektronik adalah suatu modul keperawatan yang dikombinasikan dengan sistem komputer yang ada di rumah sakit ke staff perawat. 


Ada yang pernah dirawat di rumah sakit? Bagi yang pernah semoga tidak lagi dan bagi yang belum semoga jangan pernah ya. Kita tentu sama-sama tahu bahwa di rumah sakit kita tidak hanya dilayani oleh dokter saja, juga ada perawat yang justru akan lebih sering kita temui daripada dokter.

Perawat lah yang akan merawat pasien khususnya pasien rawat inap. Mulai dari pemeriksaan awal, perawatan, hingga pemeriksaan kondisi pasien semuanya dilakukan oleh perawat.

Apalagi di suatu fasilitas kesehatan biasanya jumlah dokter tidak terlalu banyak dan faktor kesibukan dokter sehingga biasanya dokter mengandalkan laporan dari perawat, melakukan pemeriksaan lanjutan, dan kemudian menginstruksikan tindakan-tindakan yang harus diberikan pada pasien.

Untuk itu seorang perawat perlu membuat yang namanya dokumentasi keperawatan yaitu catatan yang berisi tindakan-tindakan yang dilakukan perawat terhadap pasien dan kondisi kesehatan pasien.

Mulai dari mengkaji kondisi pasien, diagnosa keperawatan, membuat rencana tindakan keperawatan terhadap pasien, pelaksanaan rencana tersebut, serta evaluasi dari tindakan perawatan yang telah dilakukan. Dokumentasi ini dapat dibuat dalam bentuk manual ataupun elektronik.

Dengan adanya dokumentasi ini dapat menjadi bahan bagi perawat untuk mengomunikasikan kondisi pasien kepada tenaga medis lainnya seperti dokter atau perawat lain sehingga kalaupun perawat tersebut tidak ‘memegang’ pasien itu lagi pengobatan dan perawatan pasien masih dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Selain itu dokumentasi keperawatan memiliki manfaat lain diantaranya :

  • Sebagai dokumen legal yang dapat digunakan perawat sebagai bentuk pertanggungjawaban ketika seorang perawat terkena masalah hukum yang berhubungan dengan profesinya
  • Untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan
  • Sebagai acuan dalam menghitung biaya perawatan pasien
  • Sebagai bahan pembelajaran bagi calon-calon perawat
  • Sebagai bahan penelitian di bidang kesehatan
  • Sebagai alat untuk mengukur tingkat keberhasilan dan akreditasi pelayanan keperawatan.

Dokumentasi keperawatan tidak bisa dibuat sembarangan. Ada prinsip-prinsip yang menjadi acuan perawat diantaranya :

  • Adanya format standar yang dapat menjadi patokan
  • Dibuat oleh perawat yang bersangkutan
  • Dibuat segera setelah perawat melakukan tindakan keperawatan
  • Dalam dokumentasi dicantumkan kronologis tindakan keperawatan
  • Diperbolehkan memakai singkatan namun singkatan yang sudah umum digunakan
  • Dibuat lengkap dengan mencantumkan waktu, tanggal, inisial, dan tanda tangan pembuat
  • Harus dibuat dengan benar, akurat, jelas, komplit, bisa dibaca, serta jika dalam bentuk manual harus ditulis dengan menggunakan tinta
  • Jika ada tulisan yang salah tidak diperbolehkan menghapusnya dengan penghapus tinta, tipe-ex, atau yang sejenis.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dokumentasi keperawatan menurut para ahli. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian dokumentasi keperawatan secara umum ya ! Baca juga pengertian sprinter 🙂