1. Pengertian dongeng jenaka dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan dongeng jenaka ?
  3. Apa arti kata dongeng jenaka ?
  4. Apa itu dongeng jenaka ?
  5. Berikan contoh tentang dongeng jenaka!

Pengertian Dongeng Jenaka Menurut Para Ahli


Arti dongeng jenaka adalah :

Pengertian dongeng jenaka adalah suatu cerita rekaan yang berisi kelucuan para pelakunya dengan tujuan sebagai penawar sedih atau pelipur lara para penikmatnya. (Asep Juanda, M.Pd : 2017)

Definisi dongeng jenaka adalah dongeng penggeli hati atau pelipur lara seperti dongeng yang berisi tentang kemalangan dan kebodohan seseorang yang disajikan secara humor atau jenaka. Contoh dongeng jenaka yaitu Cerita Pak Belalang, Lebai Malang dsb. (M. E. Suhendar & ‎Pien Supinah : 1993) 


Ada yang tidak tahu dengan cerita Abu Nawas dengan segala kecerdikannya, Pak Pandir dengan tingkah lugunya, atau Pak Belalang dengan tingkah polahnya yang mengundang tawa? Jika masih ada yang tidak tahu berarti masa kecilnya kurang bahagia. Hehehe, bercanda teman-teman. Saya yakin sebagian besar teman-teman pasti familiar dengan cerita atau dongeng tersebut baik melalui buku-buku bacaan atau diceritakan langsung oleh ibu atau guru di sekolah.

Anak-anak memang senang membaca atau mendengarkan berbagai dongeng, terlebih lagi dongeng-dongeng jenaka yang dapat mengundang tawa seperti yang disebutkan di atas. Hati mereka menjadi gembira dan ada pula pesan atau nasehat yang bisa disampaikan.

Dongeng jenaka termasuk ke dalam salah satu jenis karya sastra yang berupa kisah fiktif atau khayalan yang lebih mengutamakan unsur komedi atau kelucuan. Biasanya mengangkat kisah tokoh-tokoh yang cerdik seperti Abu Nawas atau tokoh-tokoh yang tidak terlalu pintar, lugu, atau malas namun selalu beruntung seperti Pak Belalang dan dikemas dalam bentuk humor sehingga menimbulkan kelucuan dan tawa.

Meskipun demikian dongeng jenaka memiliki pesan moral yang dapat diambil hikmahnya serta di akhir cerita biasanya dipertegas dengan menjelaskan sikap atau tokoh mana yang patut ditiru dan mana yang tidak patut ditiru.

Dongeng jenaka adalah termasuk cerita tradisional dan biasanya disampaikan secara turun-temurun baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan sehingga tidak terlalu mementingkan detail cerita, yang penting garis besarnya masih sama. Sebagai pencerita atau pembaca dongeng kita juga bisa mengarang sendiri tokoh-tokoh beserta kisahnya untuk dibacakan kepada anak-anak.

Lagipula yang menjadi inti dari sebuah dongeng jenaka adalah unsur menghibur dan nasehat sehingga detail tidak terlalu diperhatikan. Seperti kisah Abu Nawas, jika ditanya siapa nama lengkap Abu Nawas, di mana tempat tinggalnya, atau berapa umurnya, saya yakin banyak teman-teman yang tidak tahu. Kita hanya mengenal sosok Abu Nawas sebagai seseorang yang cerdik dan hidup pada masa kerajaan. Informasi ini saja sudah cukup untuk memahami ceritanya dan jika dibuat terlalu detail justru akan membuat anak-anak merasa bosan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dongeng jenaka dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan contoh dongeng jenaka indonesia secara umum ya ! Baca juga pengertian dunia maya 🙂