1. Pengertian duplikasi dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan duplikasi objek ?
  3. Apa arti kata duplikasi ? Apa itu duplikasi ?
  4. Apa pengertian duplikasi dalam biologi ?

Pengertian Duplikasi Menurut Para Ahli


Arti duplikasi adalah :

Pengertian duplikasi adalah perulangan, perangkapan, atau keadaan rangkap (Hoetomo : 2005)

Pengertian duplikasi (penggandaan) adalah suatu tindakan atau proses pembuatan salinan sesuatu secara persis. Atau suatu proses melakukan hal yang sama yang telah dilakukan oleh orang lain. (Cambridge Dictionary)

Pengertian duplikasi dalam kewirausahaan adalah suatu proses untuk melakukan replikasi terhadap jasa atau produk yang sudah ada. Duplikasi ini dilakukan dengan cara melakukan penambahan nilai serta manfaat produk, seperti fasilitas, kemasan, aksesoris, penambahan bentuk produk dsb. Duplikasi tidak hanya sekedar melakukan peniruan semata tetapi para wirausaha juga harus menciptakan daya saing yang lebih baik. (Bahri, S.E., M.M. : 2019)

Pengertian duplikasi nomor rekam medis adalah adanya nomor rekam medis ganda seperti satu nomor rekam medis dimiliki oleh dua pasien atau satu pasien memiliki dua nomor rekam medis. (dr. Alviane Tiara Putri MMR : 2019)

Pengertian duplikasi kromosom adalah penambahan ukuran gen atau kromosom dari pasangan homolognya karena adanya translokasi. (Oman Karmana : 2008)

Pengertian duplikasi objek adalah membuat duplikat dari sebuah objek dengan sangat cepat. (Jubilee Enterprise : 2018)

Pengertian duplikasi data adalah data yang tertulis dua kali atau lebih. (Yahya Kurniawan, ST : 2013)

Pengertian duplikasi obat adalah penggunaan atau pemberian dua atau lebih obat kepada pasien dimana obat tersebut masih tergolong obat yang sama. (Setya Enti Rikomah, M.Fartm., Apt. : 2018) 


 Secara umum definisi duplikasi adalah penggandaan, proses pembuatan benda baru seperti benda aslinya. Berbeda dengan imitasi yang merupakan proses peniruan, duplikasi menghasilkan gandaan layaknya benda aslinya baik dari segi bentuk maupun kualitas.

Contohnya ketika kita membuat duplikat kunci pintu, keduanya baik kunci asli maupun hasil duplikasi memiliki bentuk yang sama dan dapat digunakan untuk membuka dan mengunci pintu. Istilah duplikasi dapat diaplikasikan pada berbagai bidang kehidupan seperti duplikasi gen, duplikasi resep obat, duplikasi dalam bidang kewirausahaan, hingga duplikasi kaset atau cd (compact disc).

Dalam ilmu biologi ada yang namanya duplikasi ge. Pengertian duplikasi gen yaitu terjadinya penggandaan bagian DNA yang mengandung gen sehingga terdapat kelebihan materi genentik pada kromosom yang menyebabkan struktur gen pada makhluk hidup berubah dan menimbulkan kelainan genetis.

Dalam ilmu farmasi juga dikenal istilah duplikasi resep obat. Duplikasi obat adalah kondisi dimana seorang pasien menerima beberapa jenis resep obat yang sama atau berefek sama sehingga bukannya membaik malah dapat membahayakan jiwa pasien. Hal ini dapat terjadi karena pasien tersebut ditangani oleh beberapa dokter yang berbeda, seperti jika si pasien berobat ke beberapa dokter pada waktu yang bersamaan.

Istilah duplikasi juga dikenal dalam dunia MLM atau multi level marketing. Duplikasi artinya  menciptakan atau menurunkan kemampuan leader atau upline kepada para downlinenya sehingga memiliki pengetahuan, sikap, keahlian, strategi, kemampuan, serta tujuan yang sama seperti uplinenya, bahkan kalau bisa melebihi uplinenya. Nantinya para downline yang telah menyerap ilmu uplinenya diharapkan juga mampu menduplikasi downline-downline di bawahnya sehingga jaringan perusahaan MLM tersebut terus berkembang pesat.

Untuk membuat duplikasi yang baik tentu dihasilkan dari sumber atau induk yang bagus dan kompeten pula. Seorang murid yang berkualitas dihasilkan dari guru yang berkualitas pula, seorang anak yang berakhlak mulia dihasilkan dari orangtua atau pendidik yang berakhlak mulia pula. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, meskipun sang guru memiliki kualitas yang bagus tetapi tidak memiliki kemampuan untuk menduplikasikannya kepada murid-muridnya maka duplikasi juga tidak akan terjadi.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian duplikasi dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian duplikasi (penggandaan) secara umum ya ! Baca juga pengertian data primer dan data sekunder 🙂