1. Pengertian ekonomi syariah dan tujuannya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan ekonomi syariah ?
  3. Apa arti kata ekonomi syariah ? Apa tujuan ekonomi syariah ?
  4. Apa perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional ?
  5. Apa karakteristik ekonomi syariah ?

Pengertian Ekonomi Syariah Menurut Para Ahli


Arti ekonomi syariah adalah :

Pengertian ekonomi syariah adalah ekonomi yang didasarkan pada petunjuk-petunjuk al-Qur’an dan Hadits (Habib Nazir, Muhammad Hasanuddin : 2004 dalam Ensiklopedi ekonomi dan perbankan syariah)

Definisi ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari berbagai masalah ekonomi masyarakat yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam. Perbedaan ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional terletak pada penetapan pilihan. Pada ekonomi syariah, pilihan dikendalikan oleh nilai-nilai dasar Islam, sedangkan dalam ekonomi konvensional atau ekonomi moderen, pilihan dikendalikan atas kepentingan individu ataupun kelompok yang berkepentingan. (Abdul Mannan : 1997 dalam buku Islamic Economics, Theoru and Practise)

Pengertian ekonomi syariah adalah suatu ilmu yang mempelajari berbagasi perilaku serta aktivitas manusia dalam kegiatan ekonomi secara aktual maupun empirikal seperti kegiatan produksi, distribusi ataupun konsumsi yang berdasarkan syariat Islam, yang sumbernya dari Alquran, sunnah atau ijma ulama. Tujuannya adalah untuk mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. ( Prof. Dr. Drs. H. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum. : 2012 dalam buku Hukum Ekonomi Syariah dalam perspektif kewenangan peradilan agama)

Pengertian ekonomi syariah adalah ekonomi yang berkeadilan yang mempunyai ciri keadilan produksi, distribusi dan konsumsi. (Didin Hafidhuddin : 2003 dalam buku Manajemen Syariah dalam praktik)  


Islam merupakan agama rahmatan lil alamin, tidak hanya menjadi rahmat bagi penganutnya namun juga bagi seluruh umat manusia. Dalam setiap ajarannya agama islam selalu mengedepankan perdamaian dan kebaikan bagi seluruh umat manusia. Selain itu ajaran islam juga mencakup berbagai bidang kehidupan, mulai dari bagaimana seorang muslim menjalani berbagai aktivitasnya  sebagai pribadi hingga bagaimana ia berhubungan dalam masyarakat.

Salah satu hal yang menjadi perhatian dalam ajaran islam adalah masalah ekonomi. Umat islam diperbolehkan dan dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena bagaimananpun juga orang islam yang kuat secara ekonomi tentu dapat melakukan lebih banyak kebaikan seperti bisa berzakat, naik haji, dan membantu saudara-saudaranya yang lain. Meskipun diperbolehkan namun ada aturan-aturan yang menjadi landasan bagi umat islam dalam melakukan kegiatan ekonomi. Ekonomi yang berlandaskan hukum syariat islam ini disebut dengan ekonomi syariah.

Apa prinsip ekonomi syariah ? Ekonomi syariah memiliki perbedaan dengan ekonomi konvensional seperti yang kita jalani selama ini. Dalam ekonomi syariah ada aturan-aturan dasar yang menjadi patokan dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi. Seperti diharamkannya riba, dilarang menumpuk harta kekayaan, hingga dilarangnya pengurangan nilai timbangan. Pada intinya islam memperbolehkan umatnya untuk berekonomi namun harus sesuai dengan aturan-aturan dalam agama islam.

Jika kita perhatikan semua hal-hal yang dilarang dalam islam adalah hal-hal yang buruk atau hanya menguntungkan sebagian pihak saja. Contohnya menumpuk harta kekayaan, jika seseorang melakukan hal ini maka tidak akan ada investasi sehingga ekonomi tidak akan bergerak. Harta yang disimpan tidak akan bermanfaat baik bagi pemiliknya maupun bagi orang lain. Sebaliknya dengan melakukan investasi maka harta seseorang dapat bertambah dan memberi manfaat bagi orang lain.

Apa tujuan ekonomi syariah / manfaat ekonomi syariah ?

Sesuai dengan prinsip islam sebagai rahmatan lil alamin, ekonomi syariah ditujukan agar seluruh manusia dapat hidup dengan baik dan selaras. Agar setiap orang dapat bekerja dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik tanpa merugikan orang lain. Bagi umat islam secara khusus penerapan ekonomi syariah bertujuan untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Bagaimana mereka dapat hidup dengan baik dan sejahtera di dunia serta berbahagia di akhirat.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian ekonomi syariah dan tujuannya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian ekonomi syariah tujuan prinsip dan karakteristiknya ya ! Baca juga pengertian dokumentasi kebidanan 🙂