1. Pengertian eliminasi dalam sosiologi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan eliminasi ?
  3. Apa arti kata eliminasi ? Apa itu eliminasi ?
  4. Apa contoh eliminasi dalam sosiologi ?
  5. Apa pengertian elimination dalam sosiologi ?

Pengertian Eliminasi Menurut Para Ahli


Arti eliminasi dalam sosiologi adalah :

Kita sering mendengar kata eliminasi. Apalagi dalam sebuah kompetisi, istilah ini sering digunakan untuk menyebutkan bahwa adanya posisi yang tidak aman atau posisi dimana salah seorang dari kompetitor tersebut akan dikeluarkan dari kompetisi. Tidak hanya dalam ajang kompetisi saja istilah eliminasi ini digunakan, namun juga dalam pelajaran sosiologi.

Eliminasi adalah bagian dari bentuk akomodasi dalam pelajaran sosiologi. Secara umum, pengertian eliminasi dalam sosiologi adalah bentuk interaksi sosial yang digunakan untuk mengatasi suatu konflik dengan cara mengundurkan diri karena mengalah, bukan karena kalah.

Tidak hanya eliminasi saja, namun kita juga mengenal istilah lain dalam akomodasi seperti koersi, kompromi, arbitrase, mediasi, konsolidasi, dan lain sebagainya. Sebelum menjelaskan bagian akomodasi, mari kita bahas dulu apa tujuan dari akomodasi ini. Tujuan akomodasi adalah untuk :

  • Mengurangi pertentangan antara yang satu dengan yang lainnya akibat salah paham
  • Mencegah ledakan masalah untuk kurun waktu singkat
  • Menjalin kerja sama antara kelompok yang dulunya terpisah

Adapun bentuk-bentuk akomodasi antara lain :

Eliminasi

  • Pengertian eliminasi dalam sosiologi adalah salah satu bentuk penyelesaian masalah dimana salah satu pihak yang bertikai menyatakan dirinya mengundurkan diri atau mengalah dan meminta maaf kepada pihak yang satunya lagi.

Contoh eliminasi dalam sosiologi : Budi dan Anto adalah sahabat karib semenjak kecil. Baru-baru ini mereka terlibat cekcok, karena bersaing untuk mendapatkan Dewi si pujaan hati yang berasal dari kampung sebelah. Mereka sering gontok-gontokan dan sering terlibat perkelahian. Seminggu kemudian Budi lebih memilih untuk mengalah kepada Anto, karena Budi menyadari bahwa pertikaian ini hanya akan merusak hubungan persahabatan mereka, terlebih lagi masih banyak gadis di kampung sebelah yang lebih cantik daripada si Dewi. Budi meminta maaf kepada Anto dan persahabatan merekapun kembali berjalan seperti semula tanpa adanya dendam diantara mereka.

Kompromi

  • Pengertian kompromi adalah bentuk penyelesaian masalah dimana pihak yang bertentang mengurangi tuntutannya.

Koersi

  • Pengertian koersi adalah bentuk penyelesaian masalah dengan tindak kekerasan, baik fsik maupun fisiologis.

Arbitrase

  • Pengertian arbitrase adalah bentuk penyelesaian masalah yang melibatkan pihak ketiga sebagai penengah yang posisinya netral, tidak memihak pada pihak pertama atau kedua.

Konsiliasi

  • Pengertian konsiliasi adalah penyelesaian masalah dengan memanggil lembaga tertentu, agar pertikaian tidak terulang kembali.

Toleransi

  • Pengertian toleransi adalah bentuk penyelesaian masalah dengan berusaha memahami adanya perbedaan yang satu dengan yang lainnya.

Ajudikasi

  • Pengertian ajudikasi adalah salah satu bentuk penyelesaian masalah atau konflik di meja pengadilan.

Segregasi

  • Pengertian segregasi adalah bentuk penyelesaian konflik dengan cara memisahkan diri dan saling menjauhi pihak lain dalam pertikaian untuk mengurangi ketegangan.

Stalemate

  • Pengertian stalemate adalah adanya kekuatan yang berimbang antara pihak yang sedang konflik yang pada akhirnya mereka akan berhenti dengan sendirinya.

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian eliminasi dalam ilmu sosiologi. Semoga kalian bisa memahami pengertian eliminasi dalam sosiologi secara umum ya ! Baca juga pengertian diskriminatif dan contohnya 🙂