1. Pengertian fardhu kifayah dan fardhu ain itu apa sih ?
  2. Apa contoh fardhu kifayah dan fardu ain ?
  3. Apa yang dimaksud dengan fardhu kifayah dan fardhu ain ?
  4. Apa arti kata fardhu kifayah dan fardhu ain ?
  5. Apa itu fardhu kifayah dan fardhu ain ?

Pengertian Fardhu Kifayah dan Fardhu Ain Menurut Para Ahli


Arti fardhu kifayah dan fardhu ain adalah :

Pengertian fardhu kifayah dalah suatu kewajiban-kewajiban agama yang harus dilaksanakan oleh kaum muslimin sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing yang bertujuan untuk membangun kekuatan umat. (Yusuf al-Qaradhawi : 1998 dalam bukunya Ar-Rasul wal-ilmu)

Pengertian fardhu ain adalah kewajiban yang dibebankan setiap orang, sedangkan pengertian fardhu kifayah adalah kewajiban bersama, asalkan ada yang mewakili semuanya bebas dari dosa. (M. Zidni Nafi : 2018)  


Islam merupakan agama yang sempurna yang menjadi tuntunan dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari hal-hal dasar seperti cara bersuci, pakaian yang boleh dikenakan, hingga masalah harta warisan. Tapi jangan berburuk sangka dahulu dan berpikiran bahwa hidup menjadi muslim sangat terkekang karena begitu banyak aturan. Justru aturan-aturan ini sangat membantu muslim untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik dan teratur. Bahkan sedikit demi sedikit terbukti secara ilmiah bahwa aturan-aturan dalam islam tidak sembarangan dibuat serta mengandung kebaikan bagi manusia itu sendiri.

Ada aturan tentu ada pula hukumnya. Ada lima hukum dasar perbuatan dalam agama islam yaitu fardhu atau wajib, haram, sunat, makruh, dan mubah. Kali ini kita khusus akan membahas mengenai fardhu. Jika suatu perbuatan dihukumi fardhu maka perbuatan tersebut harus dilakukan dan akan mendapatkan pahala sebagai balasannya, sebaliknya jika ditinggalkan maka akan mendapat dosa. Contohnya sholat wajib lima waktu, puasa di bulan ramadhan, dan membayar zakat fitrah.

Dari segi pelaksanaannya hingga suatu perbuatan tuntas dilaksanakan dan gugur kewajibannya, fardhu dapat dibedakan menjadi dua yaitu fardhu kifayah dan fardhu ‘ain.

Apa apa arti fardhu kifayah dan fardu ain? Apa perbedaan fardhu kifayah dan fardu ain ? Apa pengertian fardhu kifayah dan contohnya ?

Fardhu kifayah adalah kewajiban yang tidak harus dilakukan oleh semua orang, jika salah satu atau sebagian orang pada suatu wilayah telah melakukannya maka kewajiban tersebut telah tuntas dan gugur kewajibannya bagi muslim yang lain. Sebaliknya jika tidak ada satu muslim pun yang mengerjakannya maka seluruh muslim yang ada di wilayah tersebut akan terkena dosanya.

Contoh fardhu kifayah seperti mengurus jenazah, setiap muslim di suatu daerah tidak mesti melakuan pengurusan jenazah, boleh sebagian saja. Namun jika tidak ada seorang pun yang mengurus jenazah tersebut maka seluruh muslim di wilayah tempat si mayit akan berdosa.

Apa pengertian fardhu ain beserta contohnya ? Fardhu ‘ain dapat dikatakan sebagai kewajiban personal. Setiap muslim yang telah terkena kewajiban melakukan suatu perbuatan wajib melaksanakannya dan gugur kewajibannya ketika ia telah menyelesaikannya. Contoh fardhu ain salah satunya yaitu sholat lima waktu dimana setiap muslim yang telah akil baligh wajib melaksanakannya dan tidak dapat diwakilkan kepada orang lain, seperti jika sebagian muslim di suatu daerah telah melaksanakan sholat lima waktu bukan berarti muslim yang lain gugur kewajibannya, masing-masing dari mereka tetap memiliki kewajiban melaksanakannya


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian fardhu ain dan fardhu kifayah beserta contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian fardhu kifayah dan fardhu ain beserta contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian fasik 🙂