1. Pengertian fasik dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan fasik ?
  3. Apa arti kata fasik? Apa itu fasik ?
  4. Apa pengertian fasik dan ciri cirinya?

Pengertian Fasik Menurut Para Ahli


Arti fasik adalah :

Pengertian fasik adalah orang yang tahu bahwa peraturan dan pedoman dari Allah dan Rasul-Nya adalah benar, namun ia enggan memakainya. (Sukanto Mm, A. Dardiri Hasyim : 1995 dalam Nafsiologi: refleksi analisis tentang diri dan tingkah laku manusia)

Definisi fasik adalah orang yang menyaksikan tetapi dia tidak meyakini dan melaksanakannya. (menurut Imam al-Jurjani)

Pengertian fasik dalam islam adalah orang yang berbuat kemaksiatan secara terus menerus, boleh jadi kafir boleh pula hanya sekedar berbuat maksiat. (menurut Imam al-Qurthubi)

Pengertian fasik adalah bermakna maksiat yaitu meninggalkan perintah Allah dan menyimpang dari jalan yang benar. (menurut al-Mansur)


Mungkin teman-teman sering merasa heran mengapa masih saja ada orang beragama yang melakukan kejahatan padahal jelas-jelas agama mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik dan menjauhi perbuatan jahat. Contoh perilaku fasik dalam kehidupan sehari hari yaitu bapak-bapak wakil rakyat yang sering tersangkut kasus korupsi, jika kita perhatikan kartu tanda pengenalnya jelas-jelas tertera mereka adalah orang beragama ditambah lagi berpendidikan tinggi tetapi masih juga melalukan pencurian terlebih lagi yang dicuri adalah uang rakyat, sangat memalukan.

Orang-orang seperti ini di dalam agama islam disebut dengan fasik, mereka mengaku beriman kepada Allah dan telah mengetahui mana perbuatan yang baik dan mana yang tidak baik namun masih saja melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama. Istilah fasik sendiri diambil dari bahasa Arab yang artinya keluar dari sesuatu. Istilah ini juga telah menjadi salah satu kosakata baku dalam bahasa Indonesia yang maksudnya kurang lebih sama yaitu mengaku beriman namun tidak memedulikan perintah Tuhan, baik buruk main hantam saja.

Orang yang fasik sangat mencintai dunia dan sangat sulit meninggalkan perbuatan jahat. Meskipun mereka sudah tahu bahwa apa yang dilakukannya tidak benar namun mereka tidak sanggup menghentikannya. Orang seperti ini jelas berdosa dan akan mendapatkan siksa neraka. Orang yang fasik dapat dikenali dari ciri-cirinya yaitu :

  • Mengingkari ayat-ayat Alquran

Ayat-ayat Alquran merupakan firman Allah yang wajib kita imani dan laksanakan. Jika seseorang sudah mengingkari ayat-ayat dalam Alquran maka orang tersebut telah jatuh pada kefasikan

  • Mengubah hukum-hukum yang telah ditentukan Allah dan jelas kebenarannya

Allah telah menentukan mana yang boleh dan tidak boleh kita lakukan yang semuanya demi kebaikan manusia itu sendiri, namun orang-orang yang fasik senang mengubah-ubahnya untuk dirinya sendiri. Apa yang diperintahkan tidak dilakukan sementara apa yang tidak diperintahkan justru dilakukan.

  • Melanggar perintah Allah
  • Cinta dunia

Ciri lain orang yang fasik adalah sangat cinta dunia sehingga mendorong mereka mengingkari perintah Allah meskipun mereka tahu bahwa itu tidak benar.

  • Orang munafik dan senang mengajak orang lain berbuat jahat
  • Menuduh wanita baik-baik melakukan zina tanpa ada saksi yang cukup

Agama islam sangat adil dan menghargai kehormatan seseorang. Seseorang yang menuduh seorang wanita yang dikenal sebagai wanita baik-baik melakukan zina tanpa ada bukti atau saksi minimal empat orang dapat dikategorikan orang yang fasik.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian fasik dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud fasik dalam Islam secara umum ya ! Baca juga pengertian ekonomi syariah 🙂