1. Pengertian fauna endemik dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan fauna endemik ?
  3. Apa arti fauna endemik ? Apa itu fauna endemik ?
  4. Apa pengertian tumbuhan dan hewan endemik dan contohnya ?

Pengertian Fauna Endemik Menurut Para Ahli


Arti fauna endemik adalah :

Pengertian flora dan fauna endemik adalah flora dan fauna yang hanya terdapat pada daerah tertentu dengan batas wilayah yang sempit serta tidak terdapat di wilayah lain. Contoh flora dan fauna endemik yang ada di Indonesia adalah bunga bangkai, kantung semar, pakis haji, anggrek hitam, badak sumatera, anoa, elang jawa, bekantan , macan dahan dan komodo. (Agnas Setiawan : 2018) 


Hewan atau fauna merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang mendiami bumi selain manusia dan tumbuhan. Sama seperti tumbuhan ada begitu banyak jenis hewan di muka bumi ini mulai dari yang ukurannya paling kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata biasa hingga yang berukuran sangat besar bahkan jauh lebih besar dari manusia. Saking banyaknya jenis hewan hingga para ilmuan membuat sistem pengelompokkan hewan untuk membedakan masing-masing hewan tersebut.

Hewan-hewan ini tersebar di bumi mulai dari ujung barat hingga timur, ujung utara hingga selatan. Ada hewan yang dapat kita temukan di banyak tempat namun ada pula hewan yang hanya dapat kita temukan di satu tempat atau wilayah saja yang disebut dengan hewan atau fauna endemik.

Seperti kucing dan anjing, kedua jenis hewan ini cukup mudah kita temukan di berbagai belahan dunia. Berbeda dengan anoa dataran rendah dan babirusa yang hanya dapat kita temui di daerah Sulawesi, Indonesia. Coba saja teman-teman bepergian ke Amerika, dijamin di sana kalian tidak akan dapat menemukan babirusa.

Karena sifatnya yang unik dan hanya ada di satu daerah saja maka fauna endemik menjadi semacam simbol bagi suatu daerah. Contohnya saja bila mendengar nama daerah Papua maka otomatis yang muncul di pikiran kita adalah burung cendrawasih karena memang burung ini hanya ada di Papua.

Hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan misalnya untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi wisata suatu daerah, atau bisa juga keunikan fauna endemik tersebut dijadikan objek wisata andalan dengan tetap menjaga kelestariannya.

Meskipun demikian fauna endemik juga sangat rentan mengalami kepunahan. Karena hanya hidup di satu wilayah maka kepunahan fauna endemik di wilayah tersebut berarti kepunahan total.

Apalagi semakin lama pertumbuhan manusia semakin tinggi sehingga kebutuhan manusia juga meningkat yang berimbas pada terkurasnya sumber pemenuhan kebutuhan tersebut yaitu alam.

Hutan-hutan semakin banyak ditebangi, hewan-hewan semakin banyak dibunuh, dan berbagai aktivitas lainnya yang dapat merusak alam yang pada akhirnya mengancam kelestarian fauna endemik. Ditambah lagi adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan kepentingan pribadi yang memperjualbelikan fauna-fauna endemik sehingga memperbesar risiko punahnya fauna ini.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian fauna endemik dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian flora dan fauna endemik dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian lemak nabati dan hewani 🙂