1. Pengertian fauna peralihan dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan fauna peralihan ?
  3. Apa arti fauna peralihan ? Apa itu fauna peralihan ?
  4. Apa sajakah ciri ciri fauna tipe peralihan ?
  5. Apa pengertian dan ciri ciri fauna peralihan ?

Pengertian Fauna Peralihan Menurut Para Ahli


Arti fauna peralihan adalah :

Pengertian fauna peralihan adalah hewan yang tidak mempunyai kesamaan dengan hewan Asia ataupun hewan Australia. Fauna peralihan pada umumnya mendiami Indonesia bagian tengah, seperti Nusa Tenggara dan Sulawesi. Contoh fauna peralihan adalah tapir, komodo dan anoa. (Widyaningtyas & Sarwiyanto : 2008) 


Sebagai negara kepulauan yang sangat luas wilayah indonesia dapat dibagi dalam tiga kelompok, satu wilayah yang merupakan bagian dari benua Asia yang disebut paparan sunda, satu wilayah bagian dari benua Australia yang disebut paparan sahul, serta satu wilayah yang berada di antara keduanya.

Hal ini berpengaruh pada banyak hal salah satunya persebaran hewan yang menghuni masing-masing wilayah. Jenis hewan yang hidup di paparan sunda dipengaruhi oleh hewan-hewan Asia seperti gajah dan harimau, sementara jenis hewan yang hidup di paparan sahul dipengaruhi oleh hewan-hewan Australia seperti landak irian dan burung nuri.

Sementara itu hewan-hewan yang hidup di wilayah antara keduanya seperti di Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara memiliki keunikan tersendiri, tidak terpengaruh baik oleh hewan Asia maupun Australia sehingga disebut hewan atau fauna peralihan.

Apa ciri ciri fauna peralihan beserta contohnya ? Apa contoh fauna peralihan di indonesia ?

Karena keunikannya banyak hewan-hewan di daerah ini menjadi fauna endemik yang hanya ada di satu wilayah ini saja dan tidak dapat ditemukan di daerah lain, contohnya babirusa, komodo, gagak banggai, anoa, kuskus, dan masih banyak lagi.

Secara umum ciri-ciri fauna peralihan adalah tidak memiliki bulu dan kalapun ada hanya sedikit, sebagian merupakan reptil besar dan hewan purba yang masih hidup, dan lain-lain.

Fauna-fauna peralihan dapat kita kelompokkan kepada mamalia, reptil, amfibi, serta burung atau aves. Kelompok mamalia seperti anoa, monyet hitam, dan beruang tarsius. Contoh fauna peralihan dari kelompok reptil adalah komodo, ular, dan kura-kura. Sementara itu yang termasuk ke dalam kelompok amfibi adalah katak terbang dan katak air. Serta kelompok burung seperti burung rangkong dan burung maleo.

Karena keunikannya fauna peralihan banyak yang terancam punah. Selain karena jumlahnya yang tidak begitu besar dan tidak dapat atau sulit ditemukan di daerah lain, faktor-faktor lain seperti berbagai aktivitas manusia di alam, perburuan yang tidak bertanggung jawab, bencana alam, dan lain sebagainya menyebabkan terancamnya kelestarian fauna ini.

Contohnya komodo yang terdapat di pulau Nusa Tenggara, karena terancam punah pemerintah mendirikan Taman Nasional Komodo. Selain untuk menjaga kelestarian komodo hal ini juga menjadi potensi wisata yang menjanjikan bagi pulau komodo.


Itulah pengertian fauna peralihan dan penjelasannya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian fauna peralihan dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian fauna endemik dan contohnya 🙂