1. Pengertian feodalisme dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan feodalisme ?
  3. Apa arti kata feodalisme ?
  4. Apa itu feodalisme dan contohnya ?
  5. Apa pengertian feodalisme dalam sejarah?

Pengertian Feodalisme Menurut Para Ahli


Arti feodalisme adalah :

Pengertian feodalisme adalah suatu paham yang merupakan suatu sikap mental terhadap sesama masyarakat dengan mengadakan sikap khusus dikarenakan adanya perbedaan di dalam usia dan derajat kebangsawanan. (pengertian feodalisme dalam sosiologi oleh Neni Nurmayanti Hasanah : 2008)

Definisi feodalisme adalah suatu sistem atau paham yang memandang segolongan manusia mempunyai derajat yang lebih tinggi dan istimewa daripada yang lain dan sebaliknya memandang segolongan manusia lebih rendah dan hina atas dasar keturunan dan kekayaan. (Hamzah Yaʻqub : 1967)

Pengertian feodalisme dalam sejarah suatu bentuk sistem ketaatan mutlak dari lapisan bawahan kepada atasannya. Dalam piramida masyarakat feodal, raja berada pada posisi teratas, kemudian di bawahnya ada kaum aristokrat (bangsawan-bangsawan tinggi kerajaan). Dibawah raja terdapat bupati yang mempunyai kekuaasaan di suatu daerah, kemudian dibawahnya lagi ada kepala-kepala rakyat. Dan tingkatan yang paling bawah adalah rakyat. Sistem ini dipakai VOC untuk melakukan monopoli perdagangan dan menarik pajak melalui bupati dan raja. (Prof. Dr. M. Habib Mustopo dkk : 2005)

Pengertian feodalisme dalam pkn adalah suatu paham pendelegasian kekuasaan sosiol dan politik oleh para bangsawan monarki atau aristokrat untuk mengendalikan suatu wilayah / daerah yang pada umumnya berupa sebidang tanah melalui suatu jalinan kerja sama dengan pemimpin lokal sebagai mitra. Pemimpin lokal inilah yang kemudian disebut sebagai tuan feodal atau tuan tanah. (Miftakhuddin : 2019) 


Istilah feodal pertama kali ada di Prancis pada abad ke-16. Pengertian feodalisme sendiri memiliki arti suatu sistem pemerintahan dengan kekuasaan sosio politik yang dijalankan oleh kelompok bangsawan, dimana kelompok ini memiliki kekuasaan mutlak atas suatu wilayah yang yang diklaimnya. Masyarakat feodal juga dapat dikatakan sebagai masyarakat yang ingin “dihormati” setiap saat. Dalam menjalankan tugas, rakyat feodal memiliki seorang bawahan yang disebut sebagai vasal yang jumlahnya sangat banyak. Para vasal diwajibkan untuk membayar upeti kepada tuan mereka, namun sewaktu-waktu vasal ini juga akan menerima upeti dari para bawahannya.

Sistem feodal ini sama halnya dengan kasta ksatria, yang diisi oleh kaum bangsawan atau orang elit. Sistem feodal terkenal karena memakai istilah “tuan tanah”. Masyarakat feodal menggantungkan dirinya pada sektor pertanian. Mereka yang memiliki tanah akan berkuasa sebagai tuannya, dan yang bekerja adalah bawahannya yang tak lain adalah para petani. Para feodal yang memiliki tanah, bisa saja mengembangkan tanah tersebut menjadi wilayah apabila tanah yang dikuasainya sudah banyak. Dilapisan tengah masyarakat feodal terdapat pegawai feodal dan pedagang. Kaum inilah yang nanti bertugas untuk membantu perkembangan dan menjajakan hasil dari pertanian.

Melihat pengertian dan sistem kerjanya, maka seringkali masyarakat feodal ini dianggap negatif oleh kebanyakan orang, maka dari itu sekarang istilah ini sudah tidak dipakai lagi oleh para pengkritiknya karena dianggap tidak membantu memperjelas keadaan dan kualifikasinya juga tidaklah jelas.

Lalu apa pengertian masyarakat feodal dalam sosiologi ? Apa ciri ciri masyarakat feodal?

Masyarakat feodal dalam sosiologi adalah masyarakat yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  • Terdapat berbagai lapisan di dalam kehidupan yang terdiri dari kaum feodal (tuan tanah), vasal (buruh), dan para pedagang
  • Lapisan atas adalah lapisan yang berkuasa secara mutlak dan berhak untuk membuat peraturan
  • Lapisan bawah wajib menghormati lapisan atas dengan isitilah lain adanya sistem kepatuhan
  • Kehidupan lapisan bawah sangatlah ditentukan oleh para feodal selaku pemegang kekuasaan tertinggi
  • Lapisan bawah hanya bisa diam, dan tidak memiliki kekuasaan untuk berbicara atau mengungkapkan pendapatnya
  • Lapisan atas memberikan perlindungan dan jaminan fisik maupun non fisik kepada lapisan bawah, sebagai bentuk rasa terima kasih karena lapisan bawah telah setia dan mau mengabdi kepada para feodal
  • Pelapisan sosialnya bersifat tertutup
  • Perpindahan status (mobilitas sosial) dari lapisan bawah ke lapisan atas hampir tidak mungkin terjadi

Itulah penjelasan tentang pengertian feodalisme secara singkat. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian feodalisme dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian fermentasi dan contohnya 🙂