1. Pengertian film action dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan film action?
  3. Apa arti film action ? Apa itu film action ?
  4. Apa contoh film action Indonesia ?

Pengertian Film Action Menurut Para Ahli


Arti film action adalah :

Pengertian film action adalah sebuah film dengan plot yang bergerak cepat, biasanya berisi adegan-adegan kekerasan.


Salah satu genre film yang banyak peminatnya dan sering masuk kategori box office yang menandakan tingginya jumlah penonton film tersebut adalah film action.

Film action atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut film aksi atau film laga merupakan jenis film yang sangat dinamis yang memiliki banyak pergerakan di dalamnya. Film ini didominasi oleh adegan-adegan perkelahian, baku tembak, ledakan, kejar-mengejar, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan sebagian besar penggemar film action adalah kaum laki-laki meskipun ada juga kaum perempuan yang menyukai film jenis ini.

Dalam film action biasanya digambarkan perseteruan antara kebaikan dan kejahatan, ada tokoh pahlawan dan ada tokoh penjahat yang berseteru sepanjang film dan pada akhirnya kebaikanlah yang akan menang. Ada begitu banyak contoh film action salah satu yang cukup terkenal dari Indonesia adalah film The Raid yang dibintangi oleh Iko Uwais, bahkan film ini dibuat sekuelnya yaitu The Raid 2: Berandal.

Hampir semua negara memproduksi film action, baik negara-negara Amerika, Eropa, ataupun Asia. Perbedaannya adalah sisi yang ditonjolkan dari masing-masing negara. Film-film action hollywood biasanya lebih mengedepankan berbagai adegan baku tembak, kejar-mengejar dengan mobil, hingga ledakan dengan mengandalkan efek-efek grafis komputer sehingga adegannya terasa lebih nyata dan halus.

Contohnya film 2012 yang menampilkan adegan kehancuran bumi dengan sangat halus. Berbeda dengan film-film Asia seperti dari negara Indonesia, China, dan Hong Kong yang lebih menonjolkan sisi perkelahian dengan berbagai cabang bela diri seperti silat, kung fu, karate, wing chun, dan lain sebagainya. Contohnya seperti film Ip Man yang hingga kini sudah diproduksi hingga sekuel ke-tiga.

Film action tidak melulu berisi adegan-adegan laga, agar tidak bosan dan dapat menjangkau lebih banyak penonton biasanya film jenis ini memasukkan unsur-unsur lain seperti drama percintaan, hubungan orangtua dan anak, hingga komedi sehingga bermunculan berbagai subgenre dari film action seperti :

  • Action Comedy

contohnya seperti film Bad Boys dan film-film Jackie Chan

  • Action Horror

contohnya seperti film Resident Evil dan Blade

  • Action Thriller

contohnya seperti film Under Siege dan Die Hard

  • Sci-Fi Action

contohnya seperti film Transformers dan The Matrix

  • Film-film Superhero

contohnya seperti film Spiderman dan The Avengers

  • Film Disaster yang menampilkan bencana-bencana besar dan kehancuran

contohnya seperti film 2012 dan Armageddon

  • Film Martial Arts yang menampilkan berbagai seni bela diri

contohnya seperti film Kung Fu Hustle dan Ip Man

  • Film Spy/Mata-mata

contohnya seperti film James Bond dan The Bourne Series.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian film action. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian genre film action secara umum ya ! Baca juga pengertian diskriminasi sosial dan contohnya 🙂