1. Pengertian film dokumenter dan contohnya itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan film dokumenter ?
  3. Apa arti film dokumenter ? Apa itu film dokumenter ?
  4. Apa pengertian film dokumenter sejarah ?

Pengertian Film Dokumenter Menurut Para Ahli


Arti film dokumenter adalah :

Pengertian film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan cerita nyata ,yang dilakuan pada lokasi yang sebenarnya yang kebanyakan menggunakan efek realitas dengan penggunakaan kamera, suara serta lokasi yang mengandung fakta serta mengandung subjektifikas pembuatnya. Pendek kata, film dokumenter adalah fakta yang disusun secara artistik yang menggabungkan 2 hal yaitu sains dan seni. (Ilham Zoebazary : 2010)

Definisi film dokumenter adalah pemanfaatan kapasitas rekaman suara dan sinematografi untuk menghasilkan kembali (reproduce) penampakan fisik atas sesuatu yang membentuk suatu “ingatan populer” serta menawarkan cara pandang serta penafsiran atas proses-proses, isu-isu dan peristiwa-peristiwa kesejarahan. Film dokumenter menampilkan bentuk kenyataan yang bukan merupakan suatu kebenaran yang untuk ditelaah, melainkan sebagai suatu kenyataan sosial dan sejarah yang hanya dapat dipahami dalam konteks sumber sang pembuatnya. (Roem Topatimasang dkk : 2007) 


Hampir semua orang senang menonton film. Mulai dari film drama melankolis yang sangat menyayat hati, film komedi yang membuat kita tertawa terpingkal-pingkal, hingga film horor yang membuat kita bergidik ngeri. Dari sekian banyak jenis film, salah satunya adalah film dokumenter. Apa itu film dokumenter?

Sebagian dari teman-teman mungkin sudah tahu atau bahkan penggemar dari film dokumenter. Merupakan jenis film yang menampilkan kejadian nyata yang tidak dibuat-buat, peristiwa yang benar-benar terjadi tanpa dibumbui berbagai drama atau dilebih-lebihkan. Dapat juga dikatakan bahwa film dokumenter merupakan dokumentasi dari suatu peristiwa yang memiliki makna tertentu dan disajikan dalam bentuk film dimana tidak semua jenis dokumentasi dapat disebut film dokumenter.

Tidak seperti film drama yang dibuat berdasarkan imajinasi sang sutradara dengan berbagai unsur drama di dalamnya yang bertujuan untuk menghibur penonton, film dokumenter lebih bersifat informatif, membagikan informasi faktual dan apa adanya mengenai hal-hal yang terjadi di sekitar kita.

Mengenai kehidupan sosial, politik, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. Tema-tema yang diangkat dalam sebuah film dokumenter biasanya seputar kisah perjalanan ke suatu tempat, eksplorasi dunia bawah laut, penelitian, pengetahuan, dan lain sebagainya.

Film dokumenter mengalami pertumbuhan yang cukup pesat sehingga cukup banyak pilihan film dokumenter bagus yang dapat kita tonton. Diantaranya yang cukup terkenal seperti film This is it yang menceritakan mengenai persiapan konser Michael Jackson sebelum ia meninggal dunia, film Fahrenheit (9/11) yang mengangkat tema mengenai kebijakan war on terror ketika masa pemerintahan Presiden Bush, serta film Oceans yang menceritakan mengenai kehidupan bawah laut yang tidak kita ketahui, salah satunya bagaimana perlakuan kejam manusia terhadap ikan hiu demi kepentingan pribadi.

Meskipun menampilkan peristiwa nyata namun sebuah film dokumenter tetap menjalani berbagai tahapan proses seperti film pada umumnya. Tetap ada proses perencanaan, penentuan tema, penentuan struktur atau urutan film, pengambilan gambar yang baik, dan berbagai proses lainnya hingga proses editing sehingga dapat menghasilkan film yang dapat dinikmati oleh penonton. Jika tidak demikian maka sebuah film dokumenter tidak ubahnya dengan video dokumentasi biasa.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian film dokumenter dan contohnya. Semoga kalian bisa menjelaskan pengertian film dokumenter secara umum ya ! Baca juga pengertian film action dan contohnya 🙂