1. Pengertian film fiksi dan non fiksi itu apa sih ?
  2. Apa yang dimaksud dengan film fiksi dan non fiksi ?
  3. Apa arti film fiksi dan non fiksi ? Apa itu film fiksi dan non fiksi ?
  4. Apa perbedaan film fiksi dan non fiksi ?
  5. Apa contoh film fiksi dan non fiksi ?

Pengertian Film Fiksi dan Non Fiksi Menurut Para Ahli


Arti film fiksi dan non fiksi adalah :

Pengertian film fiksi adalah film yang isi ceritanya berdasarkan karangan imajinatif. Sedangkan pengertian film non fiksi adalah film yang menceritakan kenyataan atau realita atas suatu peristiwa tertentu. Contoh film non fiksi adalah film dokumenter. (Antoni Mabruri KN : 2018 dalam buku Produksi Program TV Drama)


Siapa yang tidak suka menonton film? Hampir semua orang menyukainya, ada yang senang dengn film action, ada pula yang gemar dengan film komedi. Begitu bagusnya sebuah film sehingga tidak jarang penonton ikut terbawa emosi ketika menontonnya. Jadi jangan heran jika kita bisa tertawa, menangis, atau ketakutan sendiri ketika menonton film seolah-olah apa yang kita saksikan benar-benar terjadi.

Berdasarkan nyata atau tidaknya isi cerita sebuah film kita dapat membedakan film ke dalam dua kelompok yaitu film fiksi dan non fiksi.

Pengertian film fiksi adalah jenis film yang isi ceritanya merupakan hasil karangan atau imajinasi dan bukan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Contohnya seperti film Avatar, Harry Potter, The Jungle Book, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan dibuat untuk tujuan komersil sehingga sutradara, pemain, dan seluruh kru film akan berupaya menampilkan film yang benar-benar dapat menarik minat penonton. Jika film action maka dibuat bagaimana semenegangkan mungkin, jika film komedi dibuat bagaimana selucu mungkin, atau jika film horor dibuat bagaimana semenakutkan mungkin.

Kebalikannya film non fiksi merupakan jenis film yang mengangkat kejadian nyata yang benar-benar terjadi. Contohnya seperti film dokumenter yang banyak diputar di jaringan Discovery Channel dan National Geographic. Meskipun mengangkat kisah nyata namun film tetaplah sebuah film yang harus dapat menghibur penonton, harus ada unsur-unsur sinematografis untuk menonjolkan keindahan film sehingga kita dapat membedakan film non fiksi ke dalam dua kelompok yaitu film faktual dan film dokumenter.

Film faktual berupa film yang memang merekam suatu peristiwa apa adanya dimana kamera fungsinya hanya sebagai alat perekam, contohnya seperti berbagai berita yang kita saksikan di televisi. Sementara film dokumenter sama-sama menampilkan suatu peristiwa nyata namun dibuat seperti film pada umumnya, ada proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Ditambah lagi adanya persepsi subjektif dari pembuat film sehingga dapat mempengaruhi kesimpulan yang diambil oleh penonton.

Sebenarnya sangat sulit menarik garis tegas antara film fiksi dan non fiksi. Sebuah film fiksi sedikit banyak diilhami atau terinspirasi dari kisah nyata yang benar-benar terjadi. Seperti berbagai film fiksi ilmiah yang memang didasarkan dari fakta-fakta ilmiah yang sebenarnya, atau film-film petualangan yang memang diangkat dari kisah nyata seseorang namun tentu dengan tambahan drama dan imajinasi dari penulis ataupun sutradara.

Begitu pula dengan film non fiksi seperti film dokumenter, meskipun menampilkan peristiwa yang benar-benar terjadi namun tidak lepas dari persepsi subjektif dari pembuat film sehingga fakta-fakta yang ditampilkan cenderung ke persepsi pembuatnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian film fiksi dan non fiksi. Semoga kalian bisa menjelaskan perbedaan film fiksi dan non fiksi secara umum ya ! Baca juga pengertian film dokumenter dan contohnya 🙂